AECC Global Nepal

IELTS - Silabus


Ujian IELTS memiliki dua kategori:

  • Ujian Akademik IELTS¬†
  • Ujian Umum IELTS

Kandidat dapat memilih salah satu dari tes ini tergantung pada persyaratan (untuk belajar di luar negeri/migrasi/bekerja).

Bagian

Silabus IELTS - Deskripsi

jumlah dari

pertanyaan

Durasi

Mendengarkan IELTS

Silabus

Bagian ini terdiri dari empat monolog dan dialog yang direkam.

40

30 + 10 menit

Membaca IELTS

Silabus-

Bagian ini berisi tiga bagian panjang, dan tugas ditugaskan untuk setiap bagian. Teks-teks di bawah bagian membaca adalah deskriptif, faktual, diskursif dan analitis. Ini juga mencakup konten non-verbal seperti diagram dan grafik. Teks-teks ini diambil dari buku, jurnal dan surat kabar.

40

60 menit

IELTS Menulis

Silabus

Bagian ini terdiri dari dua tugas. Tugas pertama adalah membuat ringkasan/penjelasan dari tabel, grafik, atau diagram yang diberikan minimal 150 kata. Tugas kedua adalah menulis esai minimal 250 kata.

2

60 menit

IELTS Berbicara

Silabus

Sesi ini merupakan wawancara tatap muka yang meliputi pertanyaan-pertanyaan singkat dan pembicaraan secara mendetail tentang suatu topik tertentu.

3

11-14 menit


Silabus IELTS 2021: Berikut adalah silabus untuk bagian Listening, Reading, Writing dan Speaking dalam ujian IELTS.


1.IELTS Silabus 2021- IELTS Academic:

Silabus IELTS - tugas menulis IELTS 1 & tugas menulis IELTS 2

Bagian ini terdiri dari dua tugas, yaitu tugas menulis IELTS 1 dan tugas menulis IELTS 2. Topik-topik tersebut berfokus pada topik umum dan terkait dengan siswa yang ingin mendaftar program sarjana dan pascasarjana.

Sebagai bagian dari tugas menulis IELTS 1, kandidat akan diberikan selembar yang berisi tabel dan grafik atau ilustrasi. Kandidat kemudian harus meringkas informasi dan menjelaskan data yang diberikan dengan kata-kata mereka sendiri. Dalam tugas menulis IELTS 1, penjelasannya harus koheren dengan kesimpulan yang jelas.

Untuk tugas menulis IELTS 2, kandidat harus menulis esai berdasarkan konten yang diringkas dari data yang diberikan. Dalam tugas menulis IELTS 2, kandidat harus mendukung argumen mereka dengan data dan contoh dalam bahasa formal yang ketat.

IELTS Penulisan Umum:

Bagian Penulisan Umum juga terdiri dari dua tugas, yaitu tugas menulis IELTS 1 dan tugas menulis IELTS 2. Namun, ini relatif lebih mudah.

Tugas menulis IELTS 1 melibatkan penulisan surat berdasarkan situasi tertentu. Bahasanya bisa formal, semi formal atau pribadi tergantung situasinya.

Tugas menulis IELTS 2 melibatkan penulisan esai berdasarkan isi surat dari tugas 1. Kandidat harus mempresentasikan pendapat dan argumen mereka dengan contoh yang sesuai.

  1. Bagian Membaca IELTS:

Membaca IELTS (Membaca IELTS - Akademik):

Bagian membaca IELTS terdiri dari tiga bagian panjang yang analitis, diskursif, deskriptif dan faktual. Ini adalah teks otentik yang diambil dari surat kabar, makalah penelitian, jurnal, buku dan majalah.

IELTS Membaca - (Membaca IELTS - Umum)

Bagian membaca IELTS mirip dengan membaca akademik. Pada bagian ini, bagian-bagian diambil dari iklan dan brosur. Bahasa di bagian ini relatif lebih mudah diakses.

  1. Bagian Mendengarkan IELTS:

Bagian Mendengarkan IELTS terdiri dari empat bagian. Semua rekaman audio berdurasi 3 menit, dan merupakan kombinasi dari monolog dan dialog. Audio akan diputar hanya sekali, dan kandidat harus menjawab berbagai pertanyaan berdasarkan input audio. Pertanyaannya bisa berupa pilihan ganda, penyelesaian catatan/kalimat, pertanyaan jawaban singkat, dan bahkan pelabelan diagram.

Mendengarkan IELTS bagian 1 dan 2 didasarkan pada situasi sosial sehari-hari.

IELTS Mendengarkan Audio 1: Percakapan antara dua orang dalam situasi sosial yang teratur.

IELTS Listening Audio 2: Sebuah monolog sederhana berdasarkan situasi kehidupan sehari-hari.

Mendengarkan IELTS bagian 3 dan 4 didasarkan pada situasi pendidikan atau profesional.

IELTS Listening Audio 3: Percakapan antara empat orang dalam pengaturan pendidikan atau pelatihan.

IELTS Mendengarkan Audio 4: Sebuah monolog pada mata pelajaran akademik tertentu.

  1. Bagian Pembicaraan IELTS:

Tes Berbicara IELTS adalah wawancara formal, terstruktur, satu lawan satu antara penguji dan kandidat. Wawancara akan fokus pada keterampilan berbicara umum kandidat dan menilai apakah mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan bahasa yang cukup untuk berkomunikasi secara efektif.

Jumlah Pertanyaan dalam Tes Berbicara IELTS: 3

Wawancara pribadi

Pidato

Diskusi

Tes Berbicara IELTS- Wawancara Pribadi: Ini adalah wawancara singkat di mana penguji akan mengajukan pertanyaan tentang latar belakang, keluarga, dan minat kandidat.

Tes Berbicara IELTS- Pidato:Untuk bagian ini, kandidat akan diberikan flashcard dengan topik tertentu. Kandidat akan diberikan waktu dua menit untuk mempersiapkan diri sebelum memulai pidatonya. Penguji kemudian akan mengajukan pertanyaan berdasarkan jawaban kandidat.

Tes Berbicara IELTS- Diskusi:Bagian ini melibatkan diskusi mendalam tentang abstrak tertentu; topik yang mendalam dan esensial.

Image
Copyright © 2022 AECC Global. Useful Links | Glossary | Terms of Use | Privacy Policy

Speak With Our Experts

To get in touch with our expert team, simply leave your details below and we'll call you for a FREE consultation.