5 Alasan Untuk Move on Dari IELTS

3 minutes reading time (668 words)
b75d3248b56f2bf4fbb76733fcd84676

Untuk kuliah di luar negeri, pastinya kamu perlu memenuhi persyaratan Bahasa Inggris. Salah satunya dengan cara mengambil tes Bahasa Inggris berstandar internasional seperti IELTS atau PTE Academic.

Tes IELTS dan PTE Academic berasal dari negara Inggris yang digunakan sebagai standar internasional dalam mengukur kemampuan Bahasa Inggris seseorang. Hasil tes keduanya telah diakui dan diterima oleh ratusan institusi pendidikan di berbagai negara, seperti Australia, Inggris, Kanada, Amerika, Eropa, Asia, dll.

Di Indonesia, biasanya para calon mahasiswa akan mengikuti tes IELTS untuk mencapai skor minimum yang diminta oleh universitas. Misalnya untuk program S1 dan S2, calon mahasiswa internasional perlu memenuhi skor minimum 6.5 overall dan 6.0 di setiap modul. Jika terdapat modul yang nilainya belum mencapai nilai minimum (6.0), si calon mahasiswa pun perlu mengulang ujian IELTS. Tidak jarang, banyak sekali pelajar Indonesia yang berkali-kali mengikuti tes IELTS untuk bisa memenuhi persyaratan nilai yang diminta oleh pihak kampus.

Apakah IELTS sesusah itu?

Apakah ada solusi tes Bahasa Inggris alternatif selain IELTS?

Kabar baiknya, ada.

Saat ini, tes PTE Academic telah diselenggarakan secara resmi di Indonesia. Sama-sama berasal dari negara Inggris, hasil tes ini juga diterima oleh banyak institusi di berbagai negara termasuk Harvard University, Yale University dan INSEAD. Namun berbeda dengan tes IELTS yang dilakukan dengan pena dan kertas (handwriting), tes Pearson dilakukan dengan cara komputerisasi (computerized)sehingga skor yang dikeluarkan jauh lebih akurat dibandingkan tes IELTS.

Berikut ini 5 alasan mengapa tes PTE Academic lebih baik dibandingkan tes IELTS:

Penilaian tes lebih objektif dan akurat

Khususnya untuk sesi Writing dan Speaking, penilaian tes IELTS yang dilakukan manual oleh seorang penguji (IELTS examiner)melibatkan penilaian yang lebih subjektif dan biasanya membuat peserta tes merasa gugup ketika mengikuti tes Speaking. Hal ini tidak terjadi di dalam tes PTE Academic. Dengan penggunaan komputer, para peserta tes tidak perlu merasa gugup dan mereka akan mendapatkan penilaian yang jauh lebih akurat dan objektif.

Hasil PTE Academic keluar paling lambat 5 hari kerja

Berbeda dengan hasil tes IELTS yang baru keluar setelah 13 hari kerja, para peserta tes PTE Academic bisa mengetahui hasil tes mereka paling lambat dalam waktu 5 hari kerja. Jika hasil tes belum memuaskan, peserta tes dapat mengikuti tes kembali dalam waktu dekat (last minute booking) dan mereka pun masih bisa mengingat kembali kesalahan apa saja yang mereka perbuat di dalam tes sebelumnya.

Booking Tes PTE Academic bisa last minute

Untuk melakukan booking tes PTE Academic, calon peserta bisa melakukan booking 2 hari hingga 24 jam sebelum jadwal tes (last minute). Berbeda dengan tes IELTS, calon peserta biasanya perlu melakukan booking beberapa minggu atau bahkan 1 bulan sebelumnya dikarenakan jadwal tes yang seringkali penuh. Hal ini tentu menyulitkan, khususnya bagi calon peserta yang perlu mengulang tes dalam waktu dekat.

Durasi tes hanya 3 jam, termasuk tes Speaking

Di dalam ujian IELTS, para peserta akan mengikuti tes Listening, Reading & Writing selama 3 jam lalu rehat sejenak sembari menunggu giliran untuk tes Speaking. Terkadang, tes Speaking tidak diadakan di hari yang sama dan para peserta harus kembali ke tempat ujian keesokan harinya. Berbeda dengan IELTS, tes PTE Academic diadakan langsung di hadapan computer, termasuk Speaking dan total durasi tes adalah 3 jam penuh. Hal ini tentu lebih memudahkan para peserta. Mereka tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam atau kembali ke test venue untuk mengikuti tes Speaking.

Hasil tes PTE Academic dapat dikirim ke banyak institusi sekaligus

Para peserta tes PTE Academic dapat melihat hasil tes secara online dan mereka dapat langsung mengirimkan hasil tes mereka ke banyak institusi sekaligus (7 institusi sekali kirim) secara online. Pengiriman seperti ini dapat dilakukan berkali-kali dan tidak dikenakan biaya apapun. Pihak institusi pun dapat langsung mengecek hasil tes tanpa perlu menunggu pengiriman sertifikat asli. Hal ini jauh lebih efisien dibandingkan pengiriman sertifikat IELTS yang memakan biaya cetak ulang dan biaya kurir.
Dengan hasil yang cepat dan akurat, tentunya tes PTE Academic bisa menjadi solusi untuk calon mahasiswa internasional yang ingin menguji kemampuan Bahasa Inggris mereka.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi konsultan AECC Global melalui Enquiry Form atau Whatsapp dan konsultan kami akan menghubungi Anda kembali.


Related Posts

Image

Let's get social.

Copyright © 2022 aecc. Useful Links | Glossary | Terms of Use | Privacy Policy
4
Speak to UsAECC SearchAECC StudentEvent Registration