Persiapan Kuliah di Luar Negeri

Mau Kuliah di Luar Negeri? Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

Kuliah di luar negeri tampaknya menjadi bahasan menarik terutama bagi Anda yang baru lulus kuliah S1 maupun yang baru saja lulus SMA. Meski tampak menggiurkan, kuliah di luar negeri ternyata membutuhkan dana tak sedikit. Namun, bukan berarti tak memungkinkan, Anda tetap bisa kuliah di luar negeri dan lulus dengan baik apabila memiliki alasan kuat dan melakukan persiapan yang matang.

 

Alasan Banyak Orang Ingin Kuliah di Luar Negeri

Alasan sebagian besar mahasiswa memutuskan untuk kuliah di luar negeri adalah ingin mencapai kesuksesan dalam perekonomian global. Dengan kuliah di luar negeri, mahasiswa tersebut merasakan kehidupan di negara asing yang membuatnya jadi lebih kreatif, lebih fleksibel, memiliki pemikiran yang lebih kompleks sehingga bisa mencari jalan keluar berbagai permasalahan hidup. Mahasiswa yang mengambil kuliah di universitas luar negeri dijamin memiliki kecakapan berbicara dalam bahasa internasional, bisa bekerja melintasi zona waktu yang berbeda dengan mudah serta mampu bekerja sama dengan tim multinasional. Kecakapan seperti inilah yang dicari oleh perusahaan-perusahaan internasional.

 

Hal yang Harus Dipersiapkan Untuk Kuliah di Luar Negeri

Untuk bisa diterima di universitas idaman dan bisa menjalani kehidupan kampus hingga akhir kuliah, Anda harus mempersiapkan beberapa hal berikut ini.

 

Memiliki Kemampuan Mengurus Diri Sendiri

Langkah awal mempersiapkan diri kuliah di luar negeri adalah belajar mandiri. Anda harus bisa mengurus diri sendiri selama jauh dari rumah dan orang tua. Belajar bahasa asing sesuai dengan negara tujuan kuliah, belajar beradaptasi di lingkungan baru dan fleksibel terhadap perubahan-perubahan mendadak. Kehidupan di luar negeri lazimnya memiliki atmosfer yang berbeda serta taraf hidup yang berbeda. Jadi, belajarlah mengatur keuangan Anda agar bisa memenuhi kebutuhan hidup di luar negeri nanti.

 

Mempersiapkan Dokumen

Dokumen yang dibutuhkan untuk kuliah di universitas luar negeri seperti visa pelajar, persyaratan pendaftaran dan berkas lainnya harus Anda persiapkan. Bila mengalami kesulitan, Anda bisa menggunakan layanan AECC Global Indonesia untuk membantu pengurusan visa pelajar maupun mempersiapkan dokumen pendaftaran. AECC Global Indonesia memiliki anggota profesional yang siap membantu Anda di pihak keimigrasian sehingga pengurusan dokumen bisa dilakukan dengan lancar dan cepat.

 

Mengambil Waktu Untuk Mempersiapkan Diri dengan Konsultasi ke AECC Global Indonesia

Kuliah di universitas luar negeri membutuhkan waktu persiapan yang cukup panjang. Anda harus menyiapkan semua dokumen yang dibutuhkan saat pendaftaran, membuat visa pelajar dan persiapan keuangan lainnya yang berkaitan dengan beasiswa. Carilah informasi mengenai universitas yang Anda tuju dan jurusan yang Anda minati. Bila Anda mengalami kesulitan dalam menentukan jurusan dan universitas yang tepat maupun saat mempersiapkan dokumen visa, Anda bisa menggunakan bantuan AECC Global Indonesia.

Berkonsultasilah dengan AECC Global Indonesia untuk mencari informasi mengenai gaya hidup di luar negeri, pengurusan dokumen visa maupun jurusan yang sesuai dengan minat dan ketersediaan dana yang ada. Bila Anda ingin mengambil S1 di luar negeri, sebaiknya mempersiapkan hal ini sejak kelas 2 SMA. Berkonsultasilah mengenai program kuliah yang disampaikan menggunakan bahasa Inggris maupun program kuliah yang menawarkan gelar dari dua lembaga pendidikan sekaligus.

Jangan lupa pula menanyakan mengenai lama studi dan biaya studi di universitas populer di negara yang Anda tuju. AECC Global Indonesia akan membantu Anda untuk bisa mengalokasikan dana secara efektif sehingga Anda tak merasa buang-buang uang dan menghindari kemacetan studi di tengah jalan. Dengan berkonsultasi bersama tenaga ahli yang sudah berpengalaman sebagai pelajar internasional, Anda akan mendapatkan berbagai pengalaman dan pengetahuan baru sebagai bekal saat kuliah di luar negeri.

 

Cari Peluang Transfer Kredit

Informasi lain yang tak kalah penting saat ingin kuliah di luar negeri adalah mencari informasi mengenai kesempatan transfer kredit belajar seperti kuliah satu semester di kampus asing. Dengan mengikuti transfer kredit, Anda akan mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru kuliah dan hidup di luar negeri walaupun hanya satu semester. Anda pun bisa berbagi pengalaman dengan teman lainnya yang berencana kuliah di universitas luar negeri sehingga pengetahuan Anda bisa lebih berguna.

 

Menyiapkan Biaya

Biaya kuliah merupakan perencanaan penting bagi Anda yang ingin kuliah di luar negeri. Anda tentu mengetahui bahwa kuliah jarak jauh membutuhkan biaya yang tak murah. Namun, bila jeli Anda bisa menemukan universitas yang menawarkan biaya kuliah lebih murah daripada kuliah di universitas dalam negeri salah satunya yakni kuliah S1 di Jerman.

Selain biaya kuliah, Anda juga perlu menyiapkan biaya hidup selama kuliah. Ada baiknya Anda menyiapkan dana ini sejak beberapa tahun sebelum mendaftar kuliah atau bisa saja bekerja part time di negara tempat Anda tinggal demi mencukupi kebutuhan hidup. Tapi, Anda harus mempelajari terlebih dahulu mengenai ketentuan kuliah sambil kerja sambilan di luar negeri agar tidak terjadi bentrok dengan jadwal kuliah maupun mengalami masalah yang berkaitan dengan visa.

 

Memiliki Asuransi Kesehatan

Memiliki asuransi kesehatan termasuk wajib bagi pelajar yang ingin kuliah di luar negeri khususnya di Amerika, Australia maupun Inggris. Anda bisa mengikuti asuransi kesehatan yang direkomendasikan oleh universitas atau jika memiliki asuransi sendiri, Anda bisa menggunakan asuransi tersebut di luar negeri tanpa membeli asuransi lainnya.

 

Menguasai Bahasa Asing

Keterampilan lainnya yang perlu Anda persiapkan untuk bisa kuliah di luar negeri adalah menguasai bahasa negara yang Anda tuju. Menguasai bahasa asing merupakan syarat mahasiswa bisa lolos masuk kuliah di universitas luar negeri. Jadi, belajarlah mulai dari sekarang minimal Anda harus menguasai bahasa Inggris dan bahasa lokal negara tujuan jika Anda hendak kuliah di negara berbahasa selain Inggris. Lazimnya ada ujian bahasa asing ketika mendaftar di universitas luar negeri. Kalaupun Anda tak lolos dalam ujian ini, Anda bisa mengulang di ujian periode selanjutnya.

 

Gunakan Teknologi

Jarak dan perbedaan waktu tak menjadi penghalang bagi Anda yang ingin berkomunikasi dengan keluarga. Anda bisa berkomunikasi dengan mudah menggunakan Whatsapp atau Skype sehingga orang tua pun tak perlu khawatir anaknya terpisah jauh dari rumah. Meski komunikasi menggunakan teknologi bukan suatu masalah lagi, bukan berarti Anda tidak perlu berbaur dengan kehidupan lokal.

Anda juga perlu bersosialisasi dengan teman sekampus maupun teman lainnya yang sama-sama mengikuti program kuliah di luar negeri. Cobalah beradaptasi dengan kebudayaan setempat sehingga Anda memiliki pengalaman baru yang bisa membuat Anda belajar bagaimana hidup di luar negeri. Anda bisa mencoba mengikuti kegiatan kampus atau mengikuti komunitas di kampus untuk mencari teman baru sehingga memudahkan Anda berbaur.

Dengan mempersiapkan hal-hal di atas, Anda bisa mendaftar dan menjalani kuliah di luar negeri dengan lancar. Bila mengalami kesulitan lainnya mengenai adaptasi dengan lingkungan kampus, Anda bisa berkonsultasi bersama konsultan AECC Global Indonesia yang sudah berpengalaman dalam hal kehidupan mahasiswa internasional sehingga Anda bisa merasa lebih nyaman dan lebih percaya diri  menjalani kehidupan kampus di luar negeri. Kamu juga bisa konsultasi langsung dengan representatif universitas luar negeri loh! Yuk cek dan datang ke Event AECC Global Indonesia selanjutnya, klik disini.