TOEFL Exam - A Complete Overview

Apa itu TOEFL?

Bagi banyak pelajar internasional yang ingin mendaftar di universitas yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantarnya, prosesnya biasanya dimulai dengan memahami ujian TOEFL . Test of English as a Foreign Language (TOEFL) berfungsi sebagai standar penting untuk menilai kemahiran bahasa Inggris, yang mencakup kemampuan akademik penting: membaca, berbicara, mendengarkan, dan menulis. Keterampilan dasar ini sangat penting untuk terlibat dalam program akademik yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Diakui oleh lebih dari 11.000 universitas dan institusi di lebih dari 190 negara , tes TOEFL menunjukkan penerimaannya yang luas di seluruh dunia.

Reputasi TOEFL semakin ditingkatkan dengan pengelolaannya di bawah Educational Testing Service (ETS) , sebuah organisasi nirlaba. ETS tidak hanya mengembangkan tes tetapi juga menjaga kredibilitasnya dengan menyediakan laporan skor resmi. Laporan yang berlaku selama dua tahun ini seringkali merupakan langkah awal bagi siswa yang ingin belajar di luar negeri. Lanjutkan membaca untuk panduan komprehensif dan ikhtisar ujian TOEFL, yang dirancang untuk menyederhanakan pemahaman seluk-beluk tes.

Aspek kunci Details
Jenis Ujian TOEFL iBT (Internet-Based Test), TOEFL PBT (Paper-Based Test)
Bagian Konten Reading, Listening, Speaking, Writing (iBT); Reading, Listening, Writing (PBT)
Duration Approx. 3 hours 30 minutes (iBT); Approx. 2 hours 25 minutes (PBT)
Scoring 0 to 120 (iBT); 310 to 677 (PBT)
Format Tes Computer-based for iBT; Paper-based for PBT
Tujuan Penerimaan universitas, beasiswa, dan visa
Pengakuan Global Diterima oleh lebih dari 11.000 institusi di lebih dari 150 negara
Keabsahan
Laporan skor berlaku selama 2 tahun

Sejarah TOEFL

Pembentukan TOEFL dilakukan oleh National Council Pengujian Testing of English as a Foreign Language, sebuah kelompok terkemuka yang dibentuk pada tahun 1962 yang beranggotakan para pendidik dan tokoh kunci dalam kebijakan pendidikan. Tujuan mereka adalah untuk menciptakan tes kemahiran bahasa Inggris yang seragam bagi pelajar asing yang ingin belajar di Amerika Serikat. Tanggung jawab untuk mengawasi TOEFL diambil alih pada tahun 1964 oleh Modern Language Association, sebuah organisasi yang didedikasikan untuk studi bahasa dan sastra sejak tahun 1883.

Awalnya, TOEFL menggunakan metode pengajaran bahasa yang lazim, yang melibatkan analisis setiap aspek bahasa secara terpisah. Saat ini, TOEFL diakui oleh institusi akademis dan resmi di 190 negara , menjadikan pengakuan tersebut sangat berharga. Hal ini sangat penting karena banyak program pendidikan memerlukan skor TOEFL tertentu untuk masuk, biasanya berkisar antara 61 hingga 100 , tergantung pada institusi dan program tertentu.

Siapa yang Harus Mengikuti TOEFL?

Tes TOEFL terutama ditujukan bagi mereka yang mempersiapkan diri untuk  kuliah di luar negeri  atau ingin mendaftar di universitas internasional atau program pascasarjana. Hal ini juga penting bagi mereka yang mengajukan beasiswa luar negeri, karena skor TOEFL sering kali menjadi bagian penting dari pendaftaran. Selain tujuan pendidikan, TOEFL juga relevan untuk banyak orang, termasuk:

  • Individu yang tertarik untuk berpartisipasi dalam program pertukaran di negara-negara dimana bahasa Inggris dominan.
  • Mereka yang mengajukan visa di negara-negara berbahasa Inggris.
  • Profesional yang mencari peluang kerja di luar negeri, terutama pada posisi yang memerlukan komunikasi dengan klien berbahasa Inggris.
  • Orang yang bahasa ibunya bukan bahasa Inggris.
  • Individu yang belum pernah mengikuti lingkungan pendidikan berbahasa Inggris setidaknya selama lima tahun.
  • Dan terakhir, siapa pun yang tertarik untuk menilai kemampuan bahasa Inggrisnya secara formal.

Pada akhirnya, TOEFL bertindak sebagai ukuran universal untuk menilai kemahiran bahasa Inggris dalam berbagai situasi.

 

Jenis TOEFL

Ujian TOEFL tersedia dalam tiga format: 
  • TOEFL iBT - Versi TOEFL ini adalah tes internet-based, computer-delivered dan terdiri dari empat segmen: reading, listening, speaking, and writing. Ini adalah pilihan yang disukai sebagian besar kandidat. Peserta diharuskan membaca di layar, mendengarkan menggunakan headphone, berbicara melalui mikrofon, dan mengetik tanggapan mereka, sehingga tidak memerlukan pena dan kertas.
  • TOEFL PBT - TOEFL PBT adalah tes paper-based, ditawarkan di wilayah dengan akses internet terbatas. Ini terdiri dari tiga bagian - reading, listening, speaking, and writing, tetapi tidak termasuk komponen berbicara. Durasi tes kira-kira 2,5 jam , lebih pendek dari iBT yang 3,5 hingga 4 jam.
  • TOEFL iTP - TOEFL iTP dirancang untuk berbagai pengaturan untuk mengevaluasi kemahiran bahasa Inggris dalam membaca, mendengarkan, struktur dan ekspresi tertulis, dan berbicara. Ini terutama berfungsi sebagai alat untuk penilaian dan diagnosis.

Ujian TOEFL Jenis Lainnya

Ujian TOEFL juga mencakup 

  • TOEFL Essentials: Diperkenalkan pada tahun 2021, tes TOEFL Essentials adalah alternatif yang lebih singkat dari TOEFL iBT, yang berlangsung sekitar 90 menit . Tes ini mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris secara umum, tidak seperti iBT yang berfokus pada bahasa Inggris akademis, dan menampilkan kutipan dari konteks sehari-hari. Diakui oleh lebih dari 500 institusi di seluruh dunia , para kandidat disarankan untuk secara rutin memeriksa dan mengonfirmasi institusi penerima dan persyaratan khusus mereka untuk tes Esensial.
  • TOEFL Junior: Tersedia dalam dua versi, Tes TOEFL Junior mengukur kemahiran bahasa Inggris dan memberikan skor yang sesuai dengan CEFR levels. Tes Standar, yang berlangsung selama dua jam, menilai Pemahaman Listening, Bentuk dan Makna Bahasa, dan Pemahaman Reading . Skornya dikaitkan dengan kerangka MetaMetrics® Lexile®, membantu pendidik memilih bahan bacaan yang sesuai untuk siswa. TOEFL Junior Speaking Test, sebuah evaluasi singkat selama 18 menit, berfokus secara eksklusif pada penilaian kemampuan berbahasa Inggris lisan siswa.
  • TOEFL Primary Tests: Dirancang untuk pelajar muda berusia 8 tahun ke atas, Tes Dasar TOEFL adalah alat penting bagi pendidik dalam mengidentifikasi kekuatan bahasa Inggris siswa, area yang perlu ditingkatkan, dan kemajuan secara keseluruhan. Tes satu jam ini secara komprehensif mengevaluasi keterampilan mendengarkan, membaca, dan berbicara, memberikan landasan untuk rencana pembelajaran yang disesuaikan.

Perbedaan TOEFL PBT dan TOEFL iBT

Bagi pelajar Filipina yang berencana belajar di luar negeri, memahami perbedaan utama antara TOEFL PBT (Paper-Based Test) dan TOEFL iBT (Internet-Based Test) sangatlah penting. Berikut perbandingan singkat untuk pemahaman cepat:

Aspect

TOEFL PBT

TOEFL iBT

Format Tes

Paper-based

Internet-based

Ketersediaan

Terbatas, kebanyakan di daerah tanpa akses internet

Tersedia secara luas, disukai secara global

Bagian

Reading, Listening, Writing

Reading, Listening, Speaking, Writing

Scoring

Skor total hingga 677

Skor total berkisar dari 0 hingga 120

Durasi

Approximately 2.5 hours

About 3 hours

Tes Speaking

Tidak termasuk

Termasuk

Aksesibilitas

Kurang dapat diakses

Lebih mudah diakses, terutama di perkotaan

Perbedaan TOEFL iBT dan TOEFL ITP

Students often encounter two main types of TOEFL exams: TOEFL iBT (Internet-Based Test) and TOEFL ITP (Institutional Testing Program). Understanding their differences is key to making an informed decision. Here's a brief comparison in table format: exam.

Aspect

TOEFL iBT

TOEFL ITP

Format Tes

Internet-based

Paper-based

Tujuan

Terutama untuk penerimaan universitas di luar negeri

Digunakan untuk penilaian dan penempatan institusi

Bagian

Reading, Listening, Speaking, Writing

Reading, Listening, Grammar (Struktur dan Ekspresi Tertulis)

Scoring

Scored on a scale of 0 to 120

Scored on a scale of 310 to 677

Lingkungan Uji

Tempat tes resmi atau di rumah (TOEFL iBT Home Edition)

Dilakukan di dalam institusi (schools, universities)

Pengakuan Global

Diakui secara luas oleh universitas-universitas di seluruh dunia

Diakui terutama oleh lembaga penyelenggara

Tes Speaking

Termasuk

Tidak termasuk

Bagaimana Cara Mendaftar Tes TOEFL untuk Orang Indonesia??

Mendaftar ujian TOEFL di Indonesia adalah proses yang mudah. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memastikan pengalaman pendaftaran TOEFL lancar.

  1. Mulailah pendaftaran Anda melalui akun ETS Anda.
  2. Pastikan nama dan tanggal lahir di akun ETS Anda sesuai dengan yang ada di ID Anda untuk hari ujian. Ketidakcocokan dapat mengakibatkan dilarang mengikuti tes tanpa pengembalian dana.
  3. Pilih tanggal tes TOEFL dengan mengingat tenggat waktu penyerahan aplikasi Anda.
  4. Disarankan untuk menjadwalkan TOEFL iBT sekitar 2 hingga 3 bulan sebelum batas waktu pendaftaran Anda.
  5. Untuk mempersiapkan diri secara memadai, lakukan registrasi TOEFL Anda sekitar 4 bulan sebelum ujian.
  6. Paling tidak, mendaftar seminggu sebelum tanggal tes.
  7. Pendaftaran ditutup dua hari sebelum ujian, namun pendaftaran yang terlambat diterima dengan biaya tambahan.

Biaya Tes TOEFL

Bagi pelajar Indonesia yang berencana mengikuti ujian TOEFL, memahami biaya tes TOEFL sangatlah penting. Periksa berbagai biaya yang diperlukan dalam tes TOEFL iBT, membantu Anda mempersiapkan finansial untuk perjalanan studi Anda ke luar negeri.

Jenis Biaya

Biaya

TOEFL iBT Test Registration Fee

US$250

Pendaftaran Terlambat

US$40

Penjadwalan ulang

US$60

Pemulihan Skor yang Dibatalkan

US$20

Laporan Skor Tambahan (masing-masing)

US$25

Tinjauan Skor Bagian Speaking atau Writing

US$80

Speaking and Writing Section Score Review

US$160

Returned Payment

US$30

Durasi Tes TOEFL

Meskipun keseluruhan tes TOEFL iBT diharapkan selesai hanya dalam waktu kurang dari 3 hours, akan lebih bijaksana jika menyisihkan total 3,5 hours, ditambah 30 minutes tambahan untuk prosedur check-in. Sedangkan tes TOEFL PBT membutuhkan waktu kurang lebih 2 hours 30 minutes.

Format TOEFL

Bagian

Durasi

TOEFL PBT

Reading

55 minutes

Listening

30-40 minutes

Writing (TWE)

30 minutes

Total Duration

Approx. 2 hours and 25 minutes

TOEFL iBT

Reading

60-80 minutes

Listening

60-90 minutes

Speaking

20 minutes

Writing

50 minutes

Total Duration

Approx. 3 hours and 30 minutes

 

Pusat Tes TOEFL di Indonesia

Bagi pelajar Indonesia yang bersiap mengikuti ujian TOEFL, memilih pusat ujian TOEFL yang nyaman sangatlah penting. Berikut daftar kota yang menyediakan pusat ujian TOEFL :

  • Bandung
  • Batam
  • denpasar
  • Jakarta
  • Kelapa Gading
  • Makasar
  • Malang
  • Medan
  • Pekanbaru
  • Penjarignan
  • semarang
  • Surabaya
  • Yogyakarta
Ujian TOEFL merupakan tonggak penting bagi siswa Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di negara-negara berbahasa Inggris dan membuka pintu peluang akademik global. Ujian TOEFL dirancang dengan cermat untuk menilai kemahiran Anda dalam bahasa Inggris akademis. Strategi yang menyeluruh dan berkomitmen dapat meningkatkan kinerja TOEFL Anda secara signifikan. Penting untuk mengetahui format ujian, biaya terkait, dan pusat ujian yang tersedia di Filipina untuk persiapan yang efisien dan kelancaran pendaftaran. Ingatlah bahwa mengikuti TOEFL bukan hanya tentang lulus ujian; ini merupakan langkah signifikan dalam memenuhi tujuan pendidikan global Anda.
Image

Let's get social.

Study Destinations

Copyright © 2024 PT AECC Global Indonesia. Useful Links | Glossary | Terms of Use | Privacy Policy
4
Speak to our CounsellorEvent Registration