Apa itu Ujian SAT?

Formulir lengkap SAT - Tes Penilaian Skolastik

SAT Exam adalah salah satu tes penilaian yang paling populer dan diterima secara global bagi siswa yang ingin melanjutkan program sarjana di luar negeri. Sejak awal, Ujian SAT telah dikelola dan dilakukan oleh Dewan Perguruan Tinggi. Sebelumnya, Ujian SAT dikenal sebagai Tes Bakat Skolastik, yang kemudian diubah menjadi Tes Penilaian Skolastik untuk menilai dan mengevaluasi kemampuan verbal, tertulis, dan matematis siswa/calon yang ingin memulai perjalanan studi ke luar negeri. Negara-negara seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada memberi bobot pada Skor SAT, dan itu adalah salah satu persyaratan untuk mendaftar di universitas atau lembaga pendidikan tinggi.

Awalnya disebut Tes Bakat Skolastik, kemudian disebut Tes Penilaian Skolastik, kemudian SAT I: Tes Penalaran, kemudian Tes Penalaran SAT, sekarang hanya SAT. 

SAT mengukur seberapa baik peserta tes dapat menganalisis dan memecahkan masalah yang merupakan keterampilan yang biasanya dipelajari saat di sekolah dan akan dibutuhkan di perguruan tinggi. Ini berfungsi sebagai tes masuk bagi siswa yang ingin menerima program sarjana di luar negeri, terutama di perguruan tinggi dan universitas AS dan Kanada. Ini adalah tes kertas-pensil tertulis dan membantu mengevaluasi bahasa dan keterampilan penalaran matematis pelamar. Universitas tempat Anda mendaftar, mempertimbangkan skor SAT Anda dalam keputusan penerimaan dan memiliki peran penting dalam keputusan beasiswa.

Sebelumnya, untuk membuktikan pemahaman mendalam mereka tentang mata pelajaran tertentu, siswa dapat mengikuti Tes Mata Pelajaran SAT, selain SAT. 

Namun, Tes Subjek SAT telah dihentikan mulai tahun 2021. 

Format SAT

  1. Membaca & Menulis Berbasis Bukti
  2. Matematika

Bagian

Sub - Bagian

Jumlah Pertanyaan

Waktu

Membaca & Menulis Berbasis Bukti

Membaca

52 

(Dari 5 bagian)

65 menit

Menulis dan Bahasa

44 

(Dari 4 bagian)

35 menit

Matematika

Tidak Ada Kalkulator

20

25 menit

Kalkulator

38

55 menit


Setelah Bagian Membaca & Menulis Berbasis Bukti, disediakan istirahat 10 menit.

Jadi, durasi ujian adalah 3 jam 10 menit. Mempertimbangkan waktu yang diperlukan untuk verifikasi identitas, Anda dapat menghabiskan setidaknya 4 jam di pusat ujian.

Tes Penalaran SAT dan Format Ujian SAT

Durasi Tes Penalaran SAT adalah 3 jam 45 menit, yang mengevaluasi kemampuan Anda dalam 3 bidang utama: Matematika, Membaca Kritis, dan Menulis. 

  • Segmen membaca SAT terdiri dari membaca kalimat dan bacaan.
  • Segmen penulisan SAT mencakup pertanyaan pilihan ganda dan esai pendek.
  • Segmen matematika SAT terdiri dari pertanyaan tentang probabilitas dan statistik, operasi aritmatika, geometri dan aljabar.

Meskipun sebagian besar pertanyaan berupa pilihan ganda; kandidat juga diminta untuk menyusun esai untuk mengevaluasi kemampuan menulis dan bahasa mereka. Format Ujian SAT juga mengevaluasi kemampuan berpikir kritis siswa untuk menentukan kemampuan mereka dalam mengelola dan bertahan di institusi luar negeri.

Tes Penalaran SAT idealnya diambil oleh siswa yang telah menyelesaikan sekolah mereka dan ingin melanjutkan program sarjana di luar negeri. Salah satu keuntungan mengikuti ujian SAT adalah bahwa ujian itu memproyeksikan keterampilan dan pengetahuan yang telah Anda peroleh selama bertahun-tahun di sekolah Anda, termasuk memecahkan masalah, berpikir, dan berkomunikasi secara efektif dengan sesama teman.

Universitas dan institusi mempertimbangkan nilai ujian SAT untuk memilih siswa yang paling sesuai dengan institusi masing-masing. Kandidat yang mengikuti Ujian SAT dapat memperoleh nilai antara 200 dan 800 untuk setiap bagian.

Tanggal Ujian SAT di Indonesia

 

Tanggal SAT di Indonesia Ujian SAT - Batas Pendaftaran Batas Waktu Perubahan, Pembatalan Reguler,
dan Pendaftaran Terlambat
27 Agustus 2022 29 Juli 2022 16 Agustus 2022
1 Oktober 2022 2 September 2022 20 September 2022
5 November 2022 7 Oktober 2022 25 Oktober 2022
3 Desember 2022 3 November 2022 22 November 2022
11 Maret 2023 10 Februari 2023 28 Februari 2023
6 Mei 2023 7 April 2023 25 April 2023
3 Juni 2023 4 Mei 2023 23 Mei 2023

 

Bagaimana cara mendaftar Ujian SAT?

Mendaftar untuk Ujian SAT adalah proses yang mulus, dan sama seperti ujian lainnya, Anda dapat mendaftar secara online. Dalam beberapa kasus, Anda memiliki kesempatan untuk melamar melalui email. Informasi yang dikuratori di bawah ini akan membantu Anda mendaftar untuk Ujian SAT baik online maupun melalui email.

Pendaftaran online untuk Ujian SAT:

Langkah 1 - Buat profil baru di situs web Dewan Perguruan Tinggi (https://collegereadiness.collegeboard.org/sat/register/international ) dan daftarkan diri Anda

Langkah 2 - Isi formulir aplikasi SAT di situs web.

Langkah 3 - Buat profil siswa.

Langkah 4 - Setelah Anda mengisi semua perincian yang diperlukan, Anda akan diminta untuk memilih tanggal tes dan pusat tes sesuai keinginan Anda.

Langkah 5 - Unggah foto Anda di formulir.

Langkah 6 - Bayar biaya ujian online dan kirimkan aplikasi Anda. Jika Anda tidak memiliki kartu kredit internasional, Anda dapat menggunakan layanan yang disediakan oleh bank lokal untuk melakukan pembayaran.

Pendaftaran email untuk Ujian SAT:

Kandidat dapat mendaftar melalui email ketika mereka:

  • Berusia lebih muda atau 13 tahun.
  • Meminta kedekatan pusat pengujian dengan rumah mereka.
  • Tidak dapat mengunggah/mengirim foto.
  • Meminta untuk memproses biaya Ujian SAT dengan cek.

Proses pendaftaran email untuk Ujian SAT:

  • Mintalah buklet pendaftaran SAT dari pusat pelatihan persiapan ujian atau dewan sekolah Anda.
  • Isi aplikasi sesuai pedoman yang disebutkan dalam buklet.
  • Formulir yang telah diisi dengan benar dan cek biaya aplikasi harus dikirim melalui email ke alamat masing-masing yang disebutkan pada buklet.
Image

Let's get social.

Copyright © 2022 aecc. Useful Links | Glossary | Terms of Use | Privacy Policy
4
Speak to UsAECC SearchAECC StudentEvent Registration