Image

Tes SAT - Panduan Kelayakan

Image

SAT Exam - Eligibility Guide

Tes SAT adalah tes standar, yang banyak digunakan untuk penerimaan perguruan tinggi di Amerika Serikat dan negara lain. Ini adalah ujian penting bagi siswa yang ingin melanjutkan studi lebih tinggi di luar negeri. Universitas menerima SAT di lebih dari 85 negara di seluruh dunia. Beberapa negara yang menerima skor SAT antara lain Amerika Serikat, India, Inggris, Singapura, Malaysia, Kanada, dan Australia. Amerika Serikat berada di puncak daftar negara yang menerima skor SAT , dengan lebih dari 4.000 universitas yang berpartisipasi. Inggris berada di urutan kedua dengan 125 universitas, disusul India, Kanada, Jepang, Australia, Austria, Meksiko dan lain-lain.

Dengan mendapat nilai bagus di SAT, para kandidat dapat meningkatkan peluang mereka untuk diterima di institusi yang mereka inginkan. Selain itu, banyak sekolah menawarkan uang beasiswa SAT kepada siswa berdasarkan hasil dan nilai SAT mereka . Hal ini dapat membantu siswa untuk membiayai pendidikan mereka dan mencapai tujuan studi mereka di luar negeri. SAT adalah alat yang berharga bagi siswa yang ingin belajar di luar negeri dan mencapai aspirasi akademik dan karir mereka.

Dalam hal kriteria kelayakan bagi siswa internasional, Dewan Perguruan Tinggi, yang menyelenggarakan SAT, belum menetapkan kriteria kelayakan tertentu untuk mengikuti ujian. Siswa internasional dapat mendaftar dan mendaftar di situs web College Board jika mereka ingin mengikuti ujian SAT untuk program sarjana. Di situs web Dewan Perguruan Tinggi, siswa harus berusia 13 tahun ke atas untuk mendaftar. Namun, tidak ada kriteria usia maksimum atau minimum yang tetap dalam kelayakan ujian SAT bagi siswa. Untuk masuk ke program sarjana, siswa harus sudah menyelesaikan sekolah menengah atas, dan hanya dengan demikian nilai SAT akan dianggap valid. Jumlah peserta tes SAT terbesar adalah siswa berusia antara 17 dan 19 tahun. Selain itu, tes SAT tahunan diambil oleh sejumlah besar siswa di kelas XI dan XII.

Batas Usia Tes SAT

Dewan Perguruan Tinggi mengelola SAT dan belum menentukan kriteria kelayakan tertentu untuk mengikuti ujian. Badan penyelenggara tidak menetapkan usia minimum atau maksimum sebagai kriteria kelayakan SAT . Namun, di situs web Dewan Perguruan Tinggi, siswa harus berusia 13 tahun ke atas untuk mendaftar. Jumlah peserta SAT terbesar adalah siswa berusia antara 17 dan 19 tahun. Selain itu, SAT tahunan diikuti oleh sejumlah besar siswa kelas XI dan XII.

Kualifikasi Minimum untuk Tes SAT

Dewan Perguruan Tinggi, yang menyelenggarakan ujian SAT , belum menentukan kualifikasi minimum untuk Ujian SAT sebagai bagian dari Kriteria Kelayakan SAT mereka . Oleh karena itu, terserah siswa kapan ingin mengikuti ujian. Biasanya siswa yang telah menyelesaikan pendidikan setingkat sekolah akan mengikuti ujian SAT. Namun, tidak ada kriteria tetap untuk kelayakan SAT , tetapi ada beberapa parameter yang harus diikuti oleh kandidat sebelum mengikuti tes.

Kelayakan Tes SAT - Bukti ID

Kelayakan tes SAT untuk bukti identitas sangat ketat, karena hanya bukti identitas yang dikeluarkan Pemerintah yang diterima sebagai bukti. Namun bagi pelajar Indonesia, Paspor adalah satu-satunya bukti yang dapat diterima untuk mengikuti Ujian SAT . Yang perlu diperhatikan adalah bukti SAT ID harus berupa dokumen yang sah dan asli, bukan versi fotokopi. 

Kriteria kelayakan tes SAT untuk bukti identitas sangat ketat terkait bukti identitas. Hanya bukti identitas yang dikeluarkan Pemerintah yang diterima sebagai kelayakan SAT . Paspor adalah satu-satunya bukti pengambilan SAT yang dapat diterima bagi pelajar Indonesia .

Kriteria Kelayakan Tes SAT - Foto

Tes SAT memiliki persyaratan foto khusus untuk semua peserta tes, termasuk siswa internasional. Menurut Dewan Perguruan Tinggi, organisasi yang menyelenggarakan SAT, Anda harus mengunggah foto sebagai bagian dari proses pendaftaran SAT . Staf pusat tes akan membandingkan foto tersebut dengan foto ID Anda pada hari tes untuk memastikan keamanan. Jika foto yang Anda unggah tidak memenuhi persyaratan yang tercantum, Anda tidak diperbolehkan melakukan tes.

Berikut beberapa persyaratan untuk foto:

  • Foto harus dalam salah satu format file berikut: .jpg, .gif, atau .png.
  • Anda seharusnya mudah dikenali di foto.
  • Anda harus menjadi satu-satunya dalam gambar.
  • Tampilannya harus dari kepala dan bahu, dengan seluruh wajah, mata, dan rambut terlihat. (Penutup kepala yang dipakai untuk tujuan keagamaan boleh saja.).
  • Foto harus fokus dan tidak boleh ada bintik atau bayangan gelap.
  • Foto hitam-putih dapat diterima.

Kelayakan Ujian SAT - Siswa Penyandang Disabilitas

Paspor yang masih berlaku adalah dokumen identifikasi utama yang diperlukan untuk mengikuti ujian PTE. Persyaratan ini memastikan verifikasi identitas kandidat secara akurat.

Jika Anda adalah warga negara Indonesian yang mengikuti tes di Indonesia dan tidak memiliki paspor yang masih berlaku, Anda dapat menunjukkan tanda pengenal nasional yang masih berlaku dan belum habis masa berlakunya , asalkan mencantumkan nama Anda dalam karakter Romawi, tanggal lahir, tanda tangan, dan foto. Jika satu bagian ID tidak berisi keempat elemen tersebut, bagian kedua yang berisi elemen yang hilang juga harus disediakan. 

Tanda pengenal yang dikeluarkan pemerintah yang dapat diterima bagi warga Indoneisan yang mengikuti tes PTE di Indonesia mencakup Kartu Tanda Penduduk (KTP) - National Identity Card, Passport, Surat Izin Mengemudi (SIM) - Driver's License, Kartu Keluarga (KK) - Family Card, Kartu Identitas Anak (KIA) - Child Identity Card, Kartu Pegawai Negeri Sipil (KPNS) - Civil Servant Identity Card, Military ID, dan Student ID (school or university-issued).

Kriteria ini sangat penting untuk menjaga keamanan dan integritas ujian. Ini membantu mencegah aktivitas penipuan dan memastikan bahwa kandidat yang mendaftar untuk tes tersebut adalah orang yang mengikuti tes tersebut. Identifikasi yang tepat adalah kunci dalam menjaga standar dan kredibilitas PTE sebagai tes yang diakui secara internasional.

Jumlah Upaya untuk Ujian SAT

Pertama, penting untuk dicatat bahwa Dewan Perguruan Tinggi, yang menyelenggarakan SAT, tidak memberlakukan batasan ketat berapa kali seorang siswa dapat mengikuti tes. Fleksibilitas ini dirancang untuk memberikan kesempatan yang luas kepada siswa untuk mencapai nilai yang diinginkan. Namun, meskipun tidak ada batasan resmi pada upaya ujian SAT, disarankan untuk merencanakannya secara strategis.

Mengapa? Karena setiap upaya memerlukan persiapan, waktu, dan sumber daya finansial. Selain itu, meskipun perguruan tinggi biasanya mempertimbangkan skor tertinggi dari semua upaya Anda, beberapa mungkin meninjau semua skor Anda. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan diri secara matang dalam setiap upaya tes SAT untuk menunjukkan kemampuan akademik yang konsisten dan kuat.

Kelayakan untuk Pembebasan Biaya SAT

Pelajar internasional yang tidak berada di Amerika Serikat atau wilayahnya dan warga negara Amerika yang tinggal di luar negeri sayangnya tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan Pengabaian Biaya SAT . Pembebasan Biaya SAT terutama tersedia bagi siswa kelas 11 dan 12 berpenghasilan rendah di AS atau wilayah AS dan warga negara AS yang tinggal di luar negeri. 

Namun, beberapa perguruan tinggi dan universitas menawarkan keringanan atau pengurangan biaya bagi mahasiswa internasional. Sebaiknya hubungi kantor penerimaan sekolah yang Anda minati untuk mengetahui apakah mereka menawarkan bantuan. Selain itu, beberapa organisasi nirlaba atau lembaga pendidikan di negara asal Anda mungkin menawarkan bantuan keuangan atau beasiswa yang dapat membantu menutupi biaya SAT.

Skor SAT Minimum untuk Universitas AS

Persyaratan skor SAT minimum untuk universitas di AS bervariasi dari satu perguruan tinggi ke perguruan tinggi lainnya. Namun, disarankan untuk mencapai minimal 1100 untuk masuk ke sebagian besar perguruan tinggi. Universitas terkemuka di AS seperti Universitas Harvard, Universitas Yale, MIT, dan Universitas Pennsylvania menerima nilai SAT 1500, dengan nilai di atas 680 dalam matematika dan di atas 600 dalam bidang membaca dan menulis. Penting untuk dicatat bahwa selain nilai SAT , universitas mempertimbangkan variabel lain seperti atletik & seni, pengabdian & keadilan sosial, esai, dan pernyataan pribadi.

Skor SAT Minimum untuk Universitas Kanada

Kebanyakan universitas di Kanada tidak memerlukan nilai SAT untuk masuk . Namun, beberapa universitas mungkin menganggap nilai SAT sebagai persyaratan penerimaan. Siswa internasional yang telah menyelesaikan pendidikan sekolah menengah atas di luar Kanada mungkin diminta untuk menyerahkan skor SAT dan persyaratan penerimaan lainnya. Meskipun tidak ada nilai SAT minimum untuk universitas di Kanada, sebagian besar universitas yang menerima SAT memiliki nilai SAT rata-rata 1100 – 1300. Meskipun banyak program universitas di Kanada mensyaratkan nilai yang lebih tinggi, siswa biasanya memberikan nilai minimal 1,150 pada SAT I dan 26 pada SAT I dan 26 pada SAT I. tindakan. Minimal 1,300 diperlukan untuk masuk ke sebagian besar program di bidang Teknik. Penting untuk meneliti dengan cermat persyaratan penerimaan setiap universitas dan program sebelum mendaftar.

Skor SAT Minimum untuk Universitas di Inggris

Universitas-universitas di Inggris umumnya menerima nilai SAT dan kualifikasi setara A-level lainnya untuk masuk. Sebagian besar universitas akan menguraikan skor minimum mereka. Jika Anda ragu, hubungi langsung universitasnya. Situs web UCAS juga akan memiliki informasi. Anda mungkin memerlukan skor SAT minimal 1080 untuk dapat diterima di sebagian besar universitas di Inggris. Namun, hal ini dapat berubah berdasarkan universitas. Di AS, lebih dari 4.000 perguruan tinggi menerima SAT. Di Inggris, jumlahnya adalah 125. Penting untuk meneliti dengan cermat persyaratan penerimaan setiap universitas dan program sebelum mendaftar.
Tes SAT adalah tes yang diakui secara global yang menilai kesiapan akademik siswa untuk kuliah. Bagi pelajar Indonesia, mengikuti SAT dapat membuka pintu bagi universitas-universitas ternama di seluruh dunia, memberikan mereka keunggulan kompetitif dalam mengejar pendidikan tinggi. Dengan penilaian yang ketat dan komprehensif terhadap kemampuan membaca, menulis, dan matematika kritis, SAT menawarkan ukuran potensi akademik yang dapat diandalkan, menjadikannya pilihan yang sangat baik bagi pelajar Indonesia yang ingin mencapai tujuan studi mereka di luar negeri .
Apakah Anda siap untuk memulai perjalanan belajar ke luar negeri? Pilih AECC sebagai mitra terpercaya Anda. Dengan keahlian kami dalam pendidikan global dan komitmen kami terhadap kesuksesan Anda, kami akan memandu Anda melalui setiap langkah proses, mulai dari persiapan SAT atau PTE hingga pendaftaran universitas. Mulailah perjalanan Anda bersama AECC hari ini dan wujudkan impian Anda kuliah di luar negeri.
Image

Let's get social.

Study Destinations

Copyright © 2024 PT AECC Global Indonesia. Useful Links | Glossary | Terms of Use | Privacy Policy
4
Speak to our CounsellorEvent Registration