Beasiswa di Malaysia
Beasiswa di Malaysia

Beasiswa di Malaysia untuk Pelajar Internasional

Karena kedekatannya dengan Indonesia, kesamaan budaya dan kualitas pendidikan, Malaysia adalah salah satu tujuan kuliah di luar negeri paling populer bagi pelajar Indonesia. Masyarakat multikultural dengan budaya “rumah terbuka”, Malaysia memberikan pengalaman hidup yang luar biasa dengan beragam komunitas dan lingkungan yang inklusif.

Untuk mendukung dan mendorong siswa internasional untuk mengejar pendidikan internasional, Pemerintah Malaysia dan universitas di Malaysia menyediakan beragam pilihan beasiswa berdasarkan tingkat pendidikan dan prestasi akademik.
Image

Bagaimana Cara Mendaftar Beasiswa di Malaysia?

Untuk mengajukan beasiswa di Malaysia, berikut adalah beberapa langkah umum yang dapat Anda ikuti:

  • Beasiswa penelitian : Cari beasiswa yang tersedia untuk program studi Anda, negara asal Anda, dan tingkat studi Anda (sarjana, pascasarjana, dll.). Periksa kriteria kelayakan, tenggat waktu aplikasi, dan dokumen yang diperlukan untuk setiap beasiswa untuk kuliah di luar negeri.
  • Persiapkan dokumen yang diperlukan : Bergantung pada beasiswa, Anda mungkin perlu memberikan transkrip akademik, sertifikat, pernyataan pribadi, surat rekomendasi, bukti kemahiran bahasa Inggris, dan dokumen lainnya. Pastikan Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan sebelum Anda memulai proses aplikasi.
  • Lamar online : Sebagian besar beasiswa di Malaysia memiliki sistem aplikasi online. Anda perlu membuat akun, mengisi informasi pribadi dan akademik Anda, mengunggah dokumen yang diperlukan, dan mengirimkan aplikasi Anda.
  • Kirim aplikasi sebelum batas waktu : Periksa batas waktu untuk setiap beasiswa dan pastikan Anda mengirimkan aplikasi Anda sebelum batas waktu. 
  • Tunggu hasilnya : Setelah mengirimkan aplikasi Anda, Anda mungkin perlu menunggu beberapa waktu untuk mendengar kabar dari penyedia beasiswa. Jika Anda terpilih, Anda mungkin juga perlu menghadiri wawancara atau memberikan dokumen tambahan.
  • Terima beasiswa : Jika Anda diberikan beasiswa, terima tawarannya dan sebelum Anda melakukannya, pastikan Anda memahami syarat dan ketentuan beasiswa.

Persyaratan Kelayakan untuk Beasiswa di Malaysia

Persyaratan kelayakan beasiswa di Malaysia bervariasi tergantung pada beasiswa dan institusi yang menawarkannya. Berikut adalah beberapa kriteria kelayakan umum yang biasanya diperlukan untuk melamar beasiswa pelajar internasional di Malaysia:

  • Prestasi akademik : Sebagian besar beasiswa mensyaratkan pelamar untuk memiliki catatan akademik yang kuat, dengan persyaratan IPK atau nilai minimum.
  • Program studi : Beasiswa mungkin hanya tersedia untuk program studi atau bidang akademik tertentu, seperti sains, teknik, seni, atau bisnis.
  • Tingkat studi : Beasiswa tersedia untuk studi sarjana, pascasarjana, atau doktoral.
  • Kemahiran bahasa Inggris : Banyak beasiswa mengharuskan pelamar untuk memberikan bukti kemahiran bahasa Inggris mereka, seperti skor IELTS, PTE atau TOEFL.
  • Kebutuhan finansial : Beberapa beasiswa mungkin mempertimbangkan kebutuhan finansial pelamar, terutama bagi mereka yang berasal dari keluarga berpenghasilan rendah dan pelajar generasi pertama.
  • Batas usia : Beberapa beasiswa mungkin memiliki batasan usia, terutama untuk studi pascasarjana atau doktoral.

Daftar Beasiswa Kuliah di Malaysia

1. Beasiswa Internasional Malaysia (Malaysia International Scholarship-MIS)

Beasiswa Internasional Malaysia (MIS) oleh pemerintah Malaysia diberikan kepada siswa internasional yang memiliki prestasi akademik yang sangat baik, kualitas kepemimpinan, dan komitmen yang kuat untuk berkontribusi pada negara asalnya setelah menyelesaikan studi mereka di Malaysia.

2. Malaysian Technical Cooperation Programme (MTCP) Scholarship

Beasiswa MTCP adalah program yang ditawarkan oleh pemerintah Malaysia untuk memberikan bantuan keuangan bagi siswa internasional dari negara berkembang untuk melanjutkan pendidikan tinggi di Malaysia. Program ini bertujuan untuk mempromosikan kerjasama teknis dan pengembangan sumber daya manusia di antara negara-negara berkembang. Beasiswa mencakup biaya sekolah, biaya hidup, dan tiket pesawat pulang pergi ke Malaysia.

Kelayakan:
  • Minimal gelar sarjana atau setara di bidang terkait. 
  • Memiliki pengalaman kerja minimal dua tahun di bidang studinya. 
  • Memenuhi persyaratan bahasa program, yang bervariasi tergantung pada bahasa pengantar kursus yang dipilih.
Beasiswa MTCP mencakup berbagai bidang studi, termasuk pertanian, teknik, sains dan teknologi, ilmu sosial, dan keuangan Islam. Durasi beasiswa bervariasi tergantung pada tingkat studi, hingga lima tahun untuk program PhD.

3. Beasiswa ASEAN untuk Studi Pascasarjana

Beasiswa ini terbuka untuk warga negara anggota ASEAN yang telah menyelesaikan studi sarjana dan telah diterima di program pascasarjana di negara sesama anggota ASEAN. Beasiswa mencakup biaya sekolah, biaya hidup, dan tiket pesawat pulang pergi.

Beasiswa ASEAN untuk Studi Pascasarjana mencakup berbagai mata pelajaran, termasuk sains dan teknologi, ilmu sosial, dan humaniora. Durasi beasiswa bervariasi tergantung pada tingkat studi, hingga dua tahun untuk program magister dan hingga tiga tahun untuk program doktoral.

4. Beasiswa Pemerintah Malaysia/Beasiswa Internasional Malaysia (MIS)

Malaysian International Scholarship (MIS) oleh pemerintah Malaysia diberikan kepada siswa internasional yang memiliki prestasi akademik yang sangat baik, kualitas kepemimpinan, dan komitmen yang kuat untuk memberikan kontribusi bagi negara asalnya setelah menyelesaikan studi mereka di Malaysia.

Highlight:

  • Beasiswa mencakup biaya kuliah penuh, tunjangan hidup bulanan, asuransi kesehatan, dan tunjangan lain seperti tunjangan tesis, tunjangan buku, dan tiket pesawat. 
  • Beasiswa tersedia untuk studi pascasarjana di universitas Malaysia terpilih di berbagai bidang studi, termasuk sains dan teknik, pertanian dan perikanan, ekonomi, humaniora, seni, dan ilmu sosial. 

Kelayakan:

  • Harus sarjana dengan CGPA minimal 3,5. 
  • Memiliki pengalaman kerja minimal tiga tahun. 
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang kuat dan memenuhi persyaratan kemahiran bahasa Inggris dari beasiswa.

Beasiswa S1 Malaysia untuk Siswa Internasional

  • Beasiswa Pemerintah Malaysia - Pemerintah Malaysia menawarkan beasiswa s1 kepada siswa Malaysia dan internasional untuk belajar di Malaysia atau di luar negeri. Beasiswa mencakup biaya sekolah, biaya hidup, dan manfaat lainnya.
  • Beasiswa Yayasan Albukhary - Beasiswa ini ditawarkan kepada siswa internasional dari komunitas terpinggirkan di negara berkembang untuk melanjutkan program sarjana di Malaysia. Beasiswa ini menawarkan 100% keringanan biaya kuliah, akomodasi, makan, seragam, asuransi, tunjangan bulanan untuk mahasiswa internasional yang layak.
  • Beasiswa Malaysia-APEC - Beasiswa ini diberikan kepada siswa berprestasi dari ekonomi anggota APEC yang ingin melanjutkan studi sarjana mereka di Malaysia. Beasiswa mencakup biaya sekolah, biaya hidup, dan manfaat lainnya.

Beasiswa S2 Malaysia untuk Siswa Internasional


  • Malaysian International Scholarship (MIS) - MIS adalah program beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Malaysia kepada mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi pascasarjana di Malaysia. Beasiswa mencakup biaya sekolah, biaya hidup, dan manfaat lainnya.
  • Beasiswa MyBrainSc - Beasiswa MyBrainSc ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan Malaysia kepada mahasiswa Malaysia dan internasional yang ingin melanjutkan studi pascasarjana di bidang sains dan teknologi. Beasiswa mencakup biaya sekolah, biaya hidup, dan manfaat lainnya.

Universitas di Malaysia Yang Memberikan Beasiswa

Berikut daftar universitas di Malaysia yang menyediakan beasiswa bagi mahasiswa internasional:

Universitas

Beasiswa

Kelayakan

Universitas Monash Malaysia

Beasiswa Merit Internasional Monash

  • Siswa internasional dengan nilai rata-rata tertimbang minimum 85.
  • Berhak untuk menerima beasiswa sebesar $10,000 per tahun selama gelar Anda.

Universitas Heriot-Watt

Beasiswa Berprestasi Tinggi untuk Program Sarjana

  • Hingga RM 12,000 per tahun untuk berprestasi tinggi dengan kualifikasi akademik yang diperlukan.

Universitas Asia Pasifik

Beasiswa Internasional dan Penghargaan Merit

  • Berlaku untuk semua negara/bangsa.
  • Merit Awards diberikan setiap tahun dan dapat diperpanjang setelah memenuhi CGPA 3.0 minimum pada setiap akhir tahun akademik.

Universitas Teknologi Swinburne

Beasiswa Keunggulan Akademik PVC (Gelar)

  • Siswa Indonesia dengan kualifikasi minimum SMA 3 dan persyaratan masuk 74%.
  • Hingga RM 12,000 untuk kandidat yang layak.

Curtin Malaysia

Beasiswa Internasional Wakil Rektor Pro

  • Pelajar Indonesia di semua program gelar di Curtin Malaysia dengan CWA minimal 80%.
  • Beasiswa mencakup 50% dari biaya kuliah untuk seluruh durasi program.

Universitas Nottingham Malaysia

Beasiswa Berprestasi Tinggi

Beasiswa Unggulan Dekan

Beasiswa Saudara

Beasiswa Alumni

  • Siswa internasional yang memenuhi persyaratan IPK minimum.

Perguruan Tinggi Universitas INTI

Beasiswa Internasional Universitas INTI

  • Terbuka untuk semua siswa internasional baru.
  • Beasiswa mencakup 45% dari biaya kuliah.

Universitas Southampton Malaysia

Beasiswa Prestasi s1

Beasiswa Akademik s1

Beasiswa Prestasi s2

Beasiswa Akademik s2

  • Siswa internasional yang memenuhi persyaratan IPK minimum

FAQs

1. Apa persyaratan kelayakan beasiswa Malaysia untuk pelajar Indonesia?
Persyaratan kelayakan untuk beasiswa Malaysia dari pelajar Indonesia bervariasi tergantung pada program beasiswa. Biasanya, siswa harus telah menyelesaikan gelar sarjana, memiliki IPK minimal, dan mahir berbahasa Inggris. Beberapa program beasiswa mungkin memiliki persyaratan tambahan, seperti bidang studi tertentu atau pengalaman kerja.
Image

Let's get social.

Study Destinations

Copyright © 2024 PT AECC Global Indonesia. Useful Links | Glossary | Terms of Use | Privacy Policy
4
Speak to UsEvent Registration