Berbagai Jenis Tes Kecakapan Bahasa Inggris Untuk Siswa Internasional

4 minutes reading time (752 words)
english-proficiency-test

Punya mimpi kuliah di luar negeri? Maka Anda mungkin sudah tahu bahwa Anda perlu mengikuti tes bahasa Inggris sebagai bagian dari persyaratan penerimaan Anda. Ini juga merupakan persyaratan wajib saat mengajukan visa pelajar Anda.

Tes kemahiran bahasa Inggris dirancang untuk membantu siswa (yang bahasa pertamanya bukan bahasa Inggris) memiliki kesempatan untuk kuliah di AS , Inggris, Australia, Kanada, dan negara-negara lain di mana bahasa Inggris adalah bahasa pertama.

Terlepas dari alasan ini, tes bahasa Inggris juga membantu Anda memahami, membaca, dan menulis bahasa dengan lebih baik. Ini juga mempersiapkan Anda dalam menerapkan bahasa Inggris lisan dan tulisan dengan lancar setelah Anda bermigrasi ke tujuan studi impian Anda.

Siswa yang ingin belajar di luar negeri harus mengikuti tes bahasa Inggris sebagai persyaratan wajib agar aplikasi mereka diterima di universitas. Beberapa universitas juga mengharuskan siswa untuk memiliki nilai ujian minimum, tergantung pada persyaratan kursus.

Jika Anda tertarik untuk bepergian ke luar negeri untuk studi atau jika Anda hanya mencari sumber daya untuk membantu Anda memahami tes kecakapan bahasa Inggris, ini adalah tempat yang tepat untuk melihat detail terkait. 

Jenis Tes Kemahiran Bahasa Inggris

Ada 4 Tes Bahasa Inggris utama yang ditentukan dan diakui oleh sebagian besar institusi pendidikan di seluruh dunia, seperti IELTS, TOEFL, OET, dan PTE.

Beberapa di antaranya adalah tes standar dan menguji pengetahuan bahasa Inggris Anda, dan beberapa lainnya khusus untuk bidang atau karier, yang menguji pemahaman Anda tentang istilah dan jargon teknis.

IELTS

Jika Anda ingin kuliah di Australia , Kanada, Selandia Baru, AS, atau Inggris, IELTS adalah pilihan yang tepat. Tes IELTS dapat digunakan untuk mendaftar ke semua bidang studi di universitas. Tes IELTS dapat diambil segera setelah sekolah atau setelah menyelesaikan gelar sarjana Anda, tergantung pada kebutuhan Anda.

  • IELTS diakui secara global oleh badan dan institusi imigrasi untuk memproses aplikasi siswa.
  • Tes dinilai pada skala 0-9; semakin tinggi skornya, semakin baik kemampuan Anda menguasai bahasa. Beberapa universitas, badan imigrasi, dan organisasi memiliki skor IELTS minimum untuk kelayakan.
  • Tes kecakapan bahasa Inggris IELTS dikembangkan sedemikian rupa sehingga memberikan penilaian yang akurat dan adil terhadap pengetahuan Anda.
  • Tes IELTS mengevaluasi kemahiran Anda dalam 4 bagian utama: Membaca, Menulis, Mendengarkan, dan Berbicara.

TOEFL

Tes TOEFL dirancang untuk membantu siswa memahami dan berkomunikasi secara efektif dan efisien di lingkungan atau lingkungan universitas. Tes TOEFL biasanya berdurasi 4 jam dan memiliki jeda 10 menit opsional di antaranya. Tes TOEFL sebagian besar dirancang untuk siswa yang ingin belajar di luar negeri.

  • Tes kemahiran bahasa Inggris TOEFL dinilai pada skala 0 - 120
  • Tes terdiri dari 4 bagian: Mendengarkan, Berbicara, Menulis, dan Membaca.
  • Tes dinilai oleh mentor secara online dan anonim, menjadikannya sistem penilaian yang adil dan tidak memihak.
  • Ini adalah satu-satunya tes bahasa Inggris yang menggabungkan teknologi AI dengan grader kehidupan nyata.
  • Skor tes Anda berlaku selama 2 tahun sejak tanggal hasil, pola tes juga memungkinkan Anda untuk mengulang tes dalam jumlah yang tidak terbatas, tetapi dapat dicoba hanya sekali dalam 3 hari.

OET

Tes Bahasa Inggris Kerja atau OET diresepkan untuk calon dokter dan profesional kesehatan untuk memastikan komunikasi yang efisien dengan pasien dan persyaratan internal. Tes kemahiran bahasa Inggris ini terdiri dari tugas dan skenario kehidupan nyata yang mengevaluasi kemampuan komunikasi dan pemahaman siswa internasional.

  • OET telah dikembangkan untuk 12 profesi kesehatan seperti Kedokteran Gigi, Kedokteran, Fisioterapi, Optometri, Ilmu Kedokteran Hewan, dan beberapa lainnya.
  • Tes OET dapat dilakukan di pusat offline atau online di tempat tes yang ditentukan. Keduanya memiliki nilai, bobot, dan pola yang sama.
  • OET menguji keterampilan mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara Anda.
  • Ini dipercaya dan diakui oleh universitas dan rumah sakit di Inggris, AS, Australia, Dubai, Selandia Baru, dan Irlandia.
  • Tes OET dinilai pada skala 0 hingga 500 dan A hingga E (skor yang lebih tinggi menunjukkan pemahaman bahasa yang lebih baik).

PTE

Pearson PTE diakui oleh semua universitas dan institusi lain di Inggris, Australia, dan Selandia Baru untuk semua persyaratan imigrasi dan visa. Mereka menawarkan penilaian keterampilan yang cepat dan adil dengan teknologi berbasis AI.

  • Tes PTE mengevaluasi kemampuan mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara Anda dalam bahasa Inggris.
  • Tes dapat diambil kapan saja. Anda dapat menjadwalkan tes Anda 24 jam sebelumnya, 365 hari. Hasilnya biasanya tersedia dalam waktu 48 jam dari waktu penyelesaian.
  • PTE adalah tes bahasa Inggris pertama yang sepenuhnya berbasis AI yang diakui oleh universitas.
  • Tes PTE dilakukan secara global di pusat-pusat tertentu.

Mencari bantuan untuk persiapan tes kecakapan bahasa Inggris Anda? Lihat sumber gratis kami tentang IELTS, TOEFL, PTE & OET atau cukup isi formulir pertanyaan di halaman ini untuk terhubung dengan konselor ahli kami untuk panduan perjalanan studi Anda di luar negeri hari ini!


Related Posts

Image

Let's get social.

Copyright © 2022 aecc. Useful Links | Glossary | Terms of Use | Privacy Policy
4
Speak to UsAECC SearchAECC StudentEvent Registration