Image

Scores & Results Ujian IELTS -
Panduan Lengkap

Image

Scores & Results Ujian IELTS -
Panduan Lengkap

Menggali skor IELTS dan interpretasinya bisa menjadi proses yang rumit. Setelah menjalani tes IELTS yang menuntut, para kandidat dengan sabar menunggu results IELTS mereka . Ini biasanya tersedia dalam waktu dua minggu. Untuk melihatnya, seseorang harus mengunjungi situs resmi IDP atau British Council. Hasilnya menampilkan skor individu untuk masing-masing dari empat bagian, diberi peringkat pada skala 1-9, bersama dengan skor pita kumulatif. Memahami nuansa Bagan Score Band IELTS sangat penting untuk memahami hasil ini. Kami akan mempelajari penghitungan skor ini secara mendetail, memberikan panduan untuk memahami kinerja Anda. Selain itu, kami akan mengungkapkan detail sistem penilaian untuk pemahaman menyeluruh. Bersiaplah untuk mendapatkan wawasan!

Bagaimana Cara Memeriksa Results IELTS Anda?

Menemukan results IELTS Anda bisa menjadi proses yang sederhana. Mulailah dengan memeriksa situs web IDP atau British Council. Di sini, Anda akan melihat skor Anda untuk masing-masing dari empat bagian, masing-masing mendapat skor antara 1 dan 9, dan total score band Anda.re.

IELTS- Paper Based

Jika Anda mengambil paper based IELTS, hasilnya akan terlihat 13 hari setelah tes Anda. Bagi yang menggunakan versi komputer, hasilnya lebih cepat keluar, dalam waktu 3-5 hari.

IELTS Online/Komputer

Mengenai Test Report Form (TRF) , Anda punya pilihan. Beberapa mungkin memilih untuk mengambilnya langsung dari pusat tes. Alternatifnya, Anda dapat memilih pengiriman pos, yang memakan waktu sekitar tujuh hari kerja. Bagi yang mengikuti IELTS online, hasilnya akan digital. Anda dapat mengunduh electronic TRF (eTRF) dari portal Peserta Tes dalam waktu 3-8 hari setelah tes. Perhatikan bahwa tidak ada TRF kertas yang disediakan untuk metode online. Nikmati pengambilan results IELTS Anda secara online!ne!

Mengakses Results Tes IELTS Secara Online

Memulai perjalanan untuk mengakses results IELTS Anda secara online? Anda hanya beberapa langkah lagi.

Langkah-langkah untuk melihat hasil di Portal Peserta Tes

Sebelum melanjutkan, pastikan Anda telah menyiapkan informasi berikut:

  • Nama lengkap Anda, termasuk nama depan dan tengah, persis seperti yang Anda tulis saat melakukan pemesanan. Ini harus sesuai dengan nama pada identifikasi Anda.
  • Nomor dokumen identifikasi harus sama dengan yang Anda gunakan pada hari ujian.
  • Tanggal lahir Anda diformat sebagai hari/bulan/tahun.
  • Selanjutnya, navigasikan ke halaman login peserta tes. Anda akan diminta untuk memasukkan Nomor Referensi IELTS Anda dan alamat email yang terhubung dengannya. Jika Anda tidak yakin dengan nomor referensi Anda, ingatlah untuk memeriksa email konfirmasi Anda dari pusat tes, di mana nomor ini dapat ditemukan.

Durasi Yang Hasilnya Tetap Online

Meskipun kemudahan memeriksa results IELTS secara online tidak dapat disangkal, penting untuk diingat bahwa hasil tersebut tetap dapat diakses selama rentang waktu 28 hari. Namun, pengungkapan online ini tidak boleh disalahartikan sebagai bukti resmi kehebatan Anda. Nomor TRF asli, yang merupakan ciri keaslian, hanya terdapat pada laporan fisik yang dikirimkan kepada Anda. Dan bagi mereka yang bertanya-tanya, tidak ada rute lain yang akan mengungkap nomor ini kepada Anda. Aman dan terjamin, sebagaimana mestinya!

Bagaimana Cara Mengirim Score IELTS ke Universitas?

Memahami Prosedur Pengelolaan Laporan Skor IELTS:

  • Pengiriman Test Report Forms (TRF):
    • Lima TRF pertama dapat dikirim secara gratis dalam waktu satu bulan setelah tes.
    • TRF tambahan masing-masing berharga INR 250.
  • Meminta Lebih Banyak TRF untuk Universitas dan Beasiswa:
    • Kunjungi situs web resmi IELTS untuk permintaan TRF tambahan.
    • TRF tersedia dalam format kertas dan elektronik, seperti yang dijelaskan sebelumnya untuk verifikasi hasil IELTS online.
  • Mengirim TRF melalui Surat, Kurir, atau Transfer Elektronik:
    • Menggunakan jasa kurir untuk pengiriman TRF dikenakan biaya INR 1500 per TRF.
    • Institusi dan perusahaan yang mengakui IELTS dapat mengakses TRF secara online, sehingga tidak memerlukan salinan fisik.
  • Komponen IELTS TRF:
    • Ini mengidentifikasi jenis tes (Academic atau General Training).
    • Termasuk informasi penting seperti Nomor Pusat, Tanggal Tes, Nomor Kandidat, detail pribadi seperti nama dan ID.
    • Mencantumkan skor bagian individu dan skor IELTS keseluruhan.
    • Nomor TRF terletak di kanan bawah untuk referensi.

Memahami Score Band Bagian IELTS

Memahami metodologi penilaian IELTS sangat penting untuk memahami hasil tes Anda dan merencanakan langkah selanjutnya. Dalam IELTS, komponen Mendengarkan, Membaca, Menulis, dan Berbicara diberi bobot yang sama dan diberi skor pada skala mulai dari 0 hingga 9, dengan kelipatan 0,25, 0,5, dan 0,75.

Perhitungan Skor IELTS:

Untuk menentukan skor kelompok keseluruhan, diambil rata-rata skor dari keempat bagian tes. Rata-rata ini dibulatkan ke seluruh atau setengah pita terdekat. Secara khusus, skor yang berakhiran 0,25 dibulatkan ke setengah pita terdekat, dan skor yang berakhiran 0,75 dibulatkan ke seluruh pita terdekat.

Menafsirkan Skor IELTS:

Di bawah ini diuraikan tabel yang menjelaskan arti dari masing-masing skor band. Ini menggambarkan tingkat kemampuan peserta tes, dengan narasi rinci disediakan untuk masing-masing kelompok.

Band score

Tingkat keahlian

Keterangan

Band 9

Expert user

Anda memiliki perintah operasional penuh atas bahasa tersebut. Penggunaan bahasa Inggris Anda tepat, akurat, dan lancar, serta Anda menunjukkan pemahaman yang utuh.

Band 8

Very good user

Anda memiliki penguasaan bahasa yang operasional penuh dengan hanya ketidakakuratan yang tidak sistematis dan penggunaan yang tidak tepat. Anda mungkin salah memahami beberapa hal dalam situasi yang tidak biasa. Anda menangani argumentasi yang rumit dan terperinci dengan baik.

Band 7

Good user

Anda menguasai bahasa tersebut secara operasional, meskipun terkadang ada ketidakakuratan, penggunaan yang tidak tepat, dan kesalahpahaman dalam beberapa situasi. Umumnya, Anda menangani bahasa yang kompleks dengan baik dan memahami alasan yang mendetail.

Band 6

Competent user

Secara umum, Anda menguasai bahasa tersebut secara efektif meskipun ada beberapa ketidakakuratan, penggunaan yang tidak tepat, dan kesalahpahaman. Anda dapat menggunakan dan memahami bahasa yang cukup rumit, khususnya dalam situasi yang familier.

Band 5

Modest user

Anda menguasai sebagian bahasa dan memahami makna keseluruhan dalam sebagian besar situasi, meskipun Anda mungkin membuat banyak kesalahan. Anda harus mampu menangani komunikasi dasar di bidang Anda sendiri.

Band 4

Limited user

Kompetensi dasar Anda terbatas pada situasi biasa. Anda sering menunjukkan masalah dalam pemahaman dan ekspresi. Anda tidak dapat menggunakan bahasa yang rumit.

Band 3

Extremely limited user

Anda hanya menyampaikan dan memahami makna umum dalam situasi yang sangat familiar. Sering terjadi gangguan dalam komunikasi.

Band 2

Intermittent user

Anda mengalami kesulitan besar memahami bahasa Inggris lisan dan tulisan.

Band 1

Non-user

Anda tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa tersebut kecuali beberapa kata yang terisolasi.

Band 0

Did not attempt the test

Anda tidak menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

Bagaimana Cara Menghitung Score IELTS?

Kriteria penghitungan skor pada bagian Listening, Reading, Writing, dan Speaking:
  • Score Range: Skor IELTS berkisar dari minimal 1 hingga maksimal 9. Yang penting, kandidat dapat memperoleh skor dalam kelipatan 0,5, seperti 5,5 atau 6,5.
  • Individual Skill Scores: Setiap bidang keterampilan—Membaca, Menulis, Mendengarkan, dan Berbicara—diberikan skor kelompok terpisah.
  • Aggregate Score: Skor ini mewakili rata-rata seluruh skor keterampilan individu, dibulatkan ke 0,5 atau bilangan bulat terdekat. Rincian Penilaian untuk Setiap Bagian:
1. Listening:
  • Bagian ini mencakup 40 pertanyaan, dengan setiap jawaban yang benar mendapatkan satu poin. Jumlah jawaban benar (dari 40) diubah menjadi skor pita yang berkisar antara 1 hingga 9.
2. Reading:
  • Mirip dengan Mendengarkan, bagian Membaca berisi 40 pertanyaan. Konversi skor mentah (hingga 40) menjadi skor band mengikuti metode yang sama.
3. Writing:
  • Bagian Writing dievaluasi berdasarkan deskriptor IELTS Writing Band, yang memandu penguji dalam menilai Tugas Menulis 1 dan 2.
4. Speaking:
  • Memahami deskriptor pita Speaking IELTS memberikan wawasan tentang kriteria yang digunakan untuk mengevaluasi performa dalam tes Speaking.

Bagan Perbandingan Score Band IELTS

Menggali seluk-beluk skor band IELTS dan apa yang diwakilinya dalam hal tingkat kemahiran.

Tabel 1: Interpretasi Skor Band Mendengarkan

Mendengarkan skor band

Jumlah Jawaban yang Benar

9

39 – 40

8.5

37 – 38

8

35 – 36

7.5

32 – 34

7

30 – 31

6.5

26 – 29

6

23 – 25

5.5

18 – 22

5

16 – 17

4.5

13 – 15

4

11 – 12

Tables 2.1 and 2.2:  Rincian Skor Pita Bacaan

Band Score (Academic)

Jawaban yang Benar (Academic)

Band Score (General)

Jawaban yang Benar (General)

9

40-39

9

40

8.5

38-37

8.5

39

8

36 – 35

8

37 – 38

7.5

34 – 33

7.5

36

7

32 – 30

7

34 – 35

6.5

29 – 27

6.5

32 – 33

6

26 – 23

6

30 – 31

5.5

22 – 19

5.5

27 – 29

5

18 – 15

5

23 – 26

4.5

14 – 13

4.5

19 – 22

4

12 – 10

4

15 – 18

3.5

9 – 8

3.5

12 – 14

3

7 – 6

3

9 – 11

2.5

5 – 4

2.5

6 – 8

Penilaian Skor Band Keterampilan Reading

  1. Penyelesaian Tugas 1 : Menampilkan data yang tepat, memberikan ringkasan yang jelas, menyoroti fitur-fitur utama, dan memperkuat argumen dengan bukti yang kredibel.
  2. Tugas 2 Keterlibatan : Menjawab pertanyaan secara langsung, menyajikan argumen yang relevan, mengemukakan pendapat sesuai kebutuhan, dan diakhiri dengan kesimpulan yang pasti.
  3. Kohesi & Koherensi : Mengorganisasikan ide secara metodis, memisahkan topik dengan jelas ke dalam paragraf, dan menggunakan berbagai kata transisi.
  4. Penggunaan Kosakata : Mempertahankan ejaan yang benar, menggunakan kolokasi yang tepat, menghindari kesalahan, dan menyusun ulang dengan terampil.
  5. Rentang & Ketepatan Tata Bahasa : Memanfaatkan beragam struktur tata bahasa, memvariasikan jenis kalimat, memastikan tanda baca yang sempurna, dan secara konsisten menghindari kesalahan.

Analisis Skor Pita Keterampilan Writing

  1. Kefasihan : Berbicara terus-menerus tanpa jeda yang tidak semestinya, menggunakan kata-kata penghubung untuk kejelasan, dan mempertahankan alur yang stabil.
  2. Penggunaan Kosakata : Unggul dalam menyusun ulang, menggunakan kosakata yang bervariasi, menggunakan kolokasi dengan benar, dan menggabungkan kata-kata yang tidak umum.
  3. Rentang & Ketepatan Tata Bahasa : Mendemonstrasikan tata bahasa yang sempurna, menggunakan beragam tenses, dan menyusun kalimat secara akurat.
  4. Pengucapan : Berbicara dengan cara yang mudah dipahami oleh semua orang, fokus pada intonasi, meminimalkan dampak aksen pada pemahaman, dan mengucapkan kata-kata secara akurat.
 
 

Dengan memanfaatkan nilai dan hasil ujian IELTS, siswa dapat membuka pintu terhadap peluang di seluruh dunia dengan menyempurnakan kemahiran bahasa dan memperoleh sertifikasi yang diakui secara universal, memupuk jalan menuju aspirasi akademis dan karier . Hubungi konselor akademik kami di AECC untuk mendapatkan wawasan eksklusif tentang IELTS results and scores.

Image

Let's get social.

Study Destinations

Copyright © 2024 PT AECC Global Indonesia. Useful Links | Glossary | Terms of Use | Privacy Policy
4
Speak to our CounsellorEvent Registration