Image

Tips Persiapan IELTS Cepat & Sederhana

Image

Tips Persiapan IELTS Cepat & Sederhana

Untuk unggul dalam ujian IELTS dan tes latihan umum IELTS, sangat penting untuk memiliki pemahaman komprehensif tentang format tes. Meningkatkan pemahaman Anda terhadap pola tes dapat dicapai dengan mengikuti berbagai tes latihan IELTS. Keterampilan manajemen waktu yang efektif sangat penting ketika mengikuti tes, sehingga penting untuk berlatih dengan tes latihan IELTS untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu Anda. Semakin banyak Anda berlatih, semakin besar peluang Anda untuk mencapai nilai tinggi dan unggul dalam ujian.

  1. Di IELTS Listening Section, audio hanya akan diputar satu kali. Oleh karena itu, selama tes latihan, penting untuk membatasi diri Anda untuk mendengarkan audio hanya sekali. Mendengarkan berbagai topik, seperti ceramah, percakapan, dan monolog akan bermanfaat, karena bagian mendengarkan IELTS listening bidang-bidang ini dan membantu melatih keterampilan mendengarkan Anda.
  2. IELTS Reading section terdiri dari berbagai jenis pertanyaan, masing-masing memerlukan keterampilan membaca khusus. Dengan mengikuti strategi khusus untuk persiapan tes IELTS, Anda dapat dengan mudah unggul di bagian ini. Daripada membaca seluruh bagian berulang kali, disarankan untuk membaca sekilas dan memindai teks untuk memahami gagasan utama dalam waktu yang lebih singkat selama tes latihan IELTS General umum dan IELTS Academic.
  3. Sebelum memulai esai Anda, penting untuk merencanakan dan mengatur ide-ide Anda. Catat pemikiran Anda secara kasar dan susunlah ke dalam format esai. Manajemen waktu juga penting di bagian ini. Ingatlah bahwa tugas kedua membutuhkan lebih banyak waktu, jadi alokasikan tidak lebih dari 20 menit untuk tugas pertama dan berikan 40 menit untuk tugas kedua.
  4.  IELTS Speaking Section mencakup wawancara tatap muka yang dibagi menjadi tiga bagian. Ini mencakup berbagai mata pelajaran seperti pekerjaan, pendidikan, teman, dan banyak lagi. Meningkatkan keterampilan kosa kata dan tata bahasa Anda sangat penting untuk bagian ini. Mempersiapkan topik tertentu akan meningkatkan kepercayaan diri Anda selama tes IELTS speaking.

IELTS Listening - Tips Persiapan

  1. Penting untuk membiasakan diri dengan aksen yang berbeda agar bisa unggul dalam tes IELTS Listening . Hal ini karena tes ini menggabungkan berbagai aksen untuk mencerminkan penggunaan bahasa Inggris secara global. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk membiasakan diri dengan aksen dari berbagai negara berbahasa Inggris.
  2. Daripada hanya mengandalkan mendengarkan BBC, disarankan untuk juga mendengarkan stasiun radio regional yang lebih kecil atau secara aktif menonton serial TV dari berbagai negara berbahasa Inggris. Dengan melakukan ini, Anda akan memaparkan diri Anda pada berbagai aksen dan meningkatkan keterampilan mendengarkan Anda. Anda dapat dengan mudah menemukan opsi ini melalui pencarian Google sederhana.
  3. Mempertahankan fokus selama tes IELTS Listening sangat penting untuk mencapai Band 7 atau lebih tinggi. Untuk meningkatkan konsentrasi Anda, disarankan untuk berlatih mendengarkan secara aktif. Ini melibatkan memberi diri Anda tugas-tugas kecil sambil berlatih dan secara aktif terlibat dengan materi, seperti yang Anda lakukan dalam ujian sebenarnya.
  4. Memperhatikan instruksi sangatlah penting, terutama jika menyangkut batasan kata. Jika sebuah pertanyaan menentukan bahwa Anda tidak boleh menggunakan lebih dari tiga kata, sangat penting untuk mematuhi batasan ini. Setiap jawaban dengan empat kata akan ditandai sebagai salah.
  5. Mengenal berbagai format pertanyaan akan membantu Anda mengantisipasi apa yang diharapkan pada hari ujian dan bagaimana merespons berbagai jenis pertanyaan. Sangat disarankan untuk menggunakan kertas ujian IELTS asli yang asli untuk latihan.
  6. Melatih diri Anda untuk mendengarkan sekali saja juga penting. Meskipun beberapa instruktur mengizinkan siswa memutar ulang rekaman beberapa kali, disarankan untuk berlatih dalam kondisi seperti ujian, yang berarti mendengarkan hanya sekali.
Latihan terus-menerus dan terbiasa dengan format tes adalah kunci untuk tampil baik di bagian Listening IELTS.

IELTS Reading - Tips Persiapan

Strategi Efektif untuk Tes IELTS Reading:

  • Berlatih membaca berbagai teks bahasa Inggris secara rutin sangat penting untuk mengembangkan kemampuan membaca cepat.
  • Dengan secara konsisten terlibat dengan berbagai jenis teks, Anda dapat meningkatkan kecepatan membaca dan keterampilan pemahaman Anda.
  • Penting juga untuk membaca setiap pertanyaan secara menyeluruh sebelum menjawab, karena ini akan membantu Anda menemukan informasi yang relevan dalam teks dengan lebih efisien.
  • Pastikan untuk menunjukkan kemungkinan jawaban saat membaca, yang akan memudahkan Anda menemukannya nanti.
  • Saat mulai membaca teks, cobalah untuk mendapatkan pemahaman umum tentang konten dengan memindai teks secara cepat. Kemudian, bacalah lagi dengan lebih cermat, ingatlah pertanyaan-pertanyaan yang perlu Anda jawab.
  • Perhatikan baik-baik bagian ini agar tidak mengabaikan jawaban apa pun yang mungkin ada. Selain itu, pastikan ejaan Anda cocok dengan kata-kata di bagian tersebut saat memberikan jawaban.
  • Kadang-kadang, pertanyaan mungkin mengharuskan Anda memahami tema utama atau kata-kata atau gagasan spesifik yang merangkum esensi dari bagian tersebut.
  • Untuk mempermudah menemukan informasi penting, pertimbangkan untuk menyorot kata kunci saat membaca, terutama tanggal atau istilah penting.
  • Terakhir, jika Anda mengambil IELTS berbasis kertas, ingatlah untuk mencatat jawaban Anda langsung di lembar jawaban untuk menghemat waktu.
  • Untuk lebih meningkatkan persiapan Anda, Anda dapat mengunduh alat persiapan IELTS resmi IDP Education lainnya.

Ingat, latihan dan pemahaman terhadap struktur ujian sangat penting untuk keberhasilan di IELTS Reading section.

IELTS Writing - Tips Persiapan

Tips Penting untuk IELTS Writing

Sebelum mengikuti tes, pertimbangkan tip utama menulis IELTS berikut untuk unggul di bagian menulis:
  1. Kuasai seni struktur esai: Penulisan esai memainkan peran penting dalam ujian IELTS. Penting untuk memiliki pemahaman menyeluruh tentang struktur esai, mengatur pemikiran Anda secara efektif, dan menggunakan paragraf untuk meningkatkan kejelasan. Dengan melakukan itu, Anda tidak hanya menunjukkan keterampilan organisasi Anda tetapi juga membuat esai Anda lebih menawan. Perhatikan baik-baik struktur esai IELTS yang terdiri dari pendahuluan, isi, dan kesimpulan.
  2. Asah keterampilan Anda dengan topik tes latihan: Latihan adalah kunci untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda selama ujian. Manfaatkan tes gratis yang tersedia di situs web British Council dan platform lainnya. Terlibat dengan berbagai soal latihan dan pastikan Anda menyelesaikan tulisan Anda dalam batas waktu dan kata yang ditentukan. Ingat, semakin banyak Anda berlatih, Anda akan semakin siap.
  3. Menyusun kalimat yang tata bahasanya sempurna: Banyak peserta tes kesulitan memahami tata bahasa, yang dapat berdampak signifikan pada nilai menulis dan berbicara mereka. Penting untuk memastikan kalimat Anda benar secara tata bahasa. Selain itu, menggunakan kata penghubung yang tepat dan menunjukkan tata bahasa yang tepat menunjukkan kemahiran bahasa Anda. Selain itu, pastikan untuk mencocokkan kata benda tunggal dan jamak dalam jawaban Anda pada formulir pertanyaan.
  4. Perluas kosakata Anda: Hindari kata-kata yang berulang dan berusahalah untuk menggunakan kosakata yang sesuai. Meskipun beberapa kandidat mungkin berusaha menunjukkan kemampuan bahasa mereka dengan menggunakan kosakata tingkat lanjut dan kalimat yang panjang, penting untuk melakukannya hanya jika Anda mahir berbahasa Inggris.
  5. Manfaatkan kekuatan brainstorming: Setelah menyelesaikan tugas, segera catat ide-ide Anda dan buat peta esai mental. Ini akan membantu Anda menjaga kejelasan dalam tulisan Anda.
  6. Perhatikan jumlah kata Anda: Untuk menghindari penalti, pastikan Anda menyelesaikan tugas 1 dalam 150 kata dan tugas 2 dalam 250 kata. Peserta tes berbasis komputer dapat dengan mudah melacak jumlah kata mereka, namun bagi peserta tes berbasis kertas, sangat penting untuk berlatih memperkirakan batas kata secara akurat.
  7. Pertahankan nada formal: Untuk mencapai skor band yang lebih tinggi (8 ke atas), penting untuk menulis dengan nada formal. Esai akademis berbeda dengan surat informal, jadi pilihlah gaya penulisan Anda dengan hati-hati.
  8. Tetap fokus dan hindari jawaban yang tidak relevan: Dalam tes IELTS Writing, kualitas lebih penting daripada kuantitas. Berikan jawaban yang ringkas dan relevan, bukan jawaban yang panjang lebar.
  9. Manajemen waktu master: Manajemen waktu sangat penting selama ujian. Berlatihlah untuk menentukan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan kedua tugas tersebut, karena ini akan membantu mengurangi tekanan selama ujian yang sebenarnya.
  10. Pastikan keterbacaan:  Gunakan tulisan yang jelas, ringkas, dan lugas untuk melibatkan penguji Anda. Hindari paragraf yang padat yang dapat membingungkan atau membuat penguji bosan.
  11. Jawab semua pertanyaan:  Setelah selesai, periksa apakah Anda telah menjawab semua pertanyaan untuk menghindari kehilangan nilai.
  12. Ejaan yang benar:  Gunakan ejaan standar Amerika, Inggris, atau Australia, yang semuanya dapat diterima di IELTS.

IELTS Speaking - Tips Persiapan

Tip Penting untuk IELTS Speaking

  1. Berbahasa Inggris Setiap Hari: Semua siswa yang telah mencapai tingkat Band 7+ dalam kemahiran bahasa Inggris mereka mempraktikkan bahasa tersebut setiap hari. Disarankan untuk melakukan latihan sehari-hari dan secara bertahap meningkatkan keterampilan Anda, daripada hanya mengandalkan berbicara bahasa Inggris selama kelas IELTS Anda. Untuk tips lebih lanjut tentang berlatih tes IELTS Speaking, silakan merujuk ke sumber daya yang disediakan.
  2. Mintalah klarifikasi dari penguji: Selama tes IELTS Speaking, penting untuk menjaga suasana percakapan. Jika Anda menemukan kata atau istilah yang tidak Anda pahami, Anda boleh meminta penjelasan dengan sopan kepada penguji. Anda bisa berkata, 'Maaf, bisakah Anda menjelaskan arti X?' Namun tidak boleh meminta pemeriksa menjelaskan keseluruhan kalimat. Jika Anda menemukan topik asing selama tes, berikut beberapa langkah yang harus diikuti.
  3. Ikuti pemanasan bahasa Inggris 24 jam: Banyak siswa IELTS merasa bermanfaat untuk melakukan 'pemanasan' 10-15 menit sebelum ujian agar dapat tampil sebaik mungkin. Mirip dengan cara atlet melakukan pemanasan sebelum pertandingan olahraga, Anda dapat mempersiapkan tes IELTS Speaking dengan mendalami bahasa Inggris selama 24 jam sebelum ujian. Meskipun keluarga dan teman Anda mungkin menganggap hal ini tidak biasa, hal ini dapat berdampak signifikan pada skor Anda secara keseluruhan.
  4. Berikan jawaban yang komprehensif: Dalam tes IELTS Speaking, penting untuk menghindari memberikan jawaban sederhana 'Ya' atau 'Tidak'. Sebaliknya, Anda harus berusaha menunjukkan kemampuan bahasa Inggris Anda kepada penguji. Memberikan jawaban yang singkat membatasi kemampuan pemeriksa dalam menilai kemampuan Anda, sehingga disarankan untuk memperluas jawaban Anda dengan memberikan penjelasan dan contoh.
  5. Perbaiki kesalahan Anda: Membuat kesalahan kecil saat berbicara adalah hal yang biasa, terutama saat merasa gugup menjelang ujian. Memperbaiki kesalahan yang Anda buat dapat menunjukkan kepada penguji bahwa Anda menguasai tata bahasa dan kosa kata dengan baik. Jika Anda sadar telah melakukan kesalahan kecil, minta maaf dan ulangi kalimat tersebut dengan benar.

Tes tiruan IELTS reguler adalah langkah penting dalam perjalanan Anda menuju persiapan IELTS. Berikut beberapa alasan mengapa penting untuk mengikuti tes tiruan IELTS secara teratur::

Tes Tiruan dan Makalah Latihan

Pentingnya Mengikuti Tes Mock Reguler:

  1. Biasakan diri Anda dengan format ujian:   Terlibat secara teratur dalam ujian tiruan IELTS akan membantu Anda memahami tata letak ujian, batasan waktu, tingkat kesulitan, format, dan kriteria evaluasi yang mirip dengan tes IELTS sebenarnya.
  2. Persiapan menghadapi tantangan mental dan emosional: Keadaan psikologis dan emosional Anda secara signifikan memengaruhi kinerja ujian Anda. Ujian tiruan mempersiapkan Anda untuk menangani stres dan kecemasan secara efektif, sehingga meningkatkan kepercayaan diri Anda.
  3. Evaluasi kemampuan saat ini: Ujian tiruan IELTS memberikan kesempatan untuk mengukur keterampilan Anda dalam lingkungan bertekanan rendah, membimbing Anda untuk mencapai skor target Anda.
  4. Pengurangan reaksi emosional yang tidak terduga: Berpartisipasi dalam ujian tiruan membantu mengantisipasi dan mengurangi respons emosional yang tidak terduga, memungkinkan Anda mengalami dan beradaptasi dengan lingkungan ujian.
  5. Penguasaan alokasi waktu: Berlatih dengan ujian tiruan meningkatkan kemampuan Anda untuk mengalokasikan waktu secara efisien ke berbagai bagian ujian.
  6. Peningkatan daya tahan dan ritme: Meniru kondisi ujian nyata melalui tes tiruan meningkatkan daya tahan Anda, membantu mengatur kecepatan diri sendiri, dan memberikan wawasan tentang kekuatan dan kelemahan Anda.
  7. Wawasan dari evaluator profesional: Tes tiruan IELTS dinilai oleh penguji bersertifikat, memberikan umpan balik yang berharga dengan waktu penyelesaian yang lebih cepat dibandingkan ujian IELTS sebenarnya.
  8. Konsensus para ahli: Banyak spesialis IELTS setuju bahwa partisipasi rutin dalam ujian tiruan IELTS adalah pendekatan strategis untuk mencapai skor band yang Anda inginkan dengan lebih efektif, cepat, dan hemat biaya.
Kebanyakan pakar IELTS percaya bahwa tes tiruan IELTS reguler dapat membantu Anda mencapai skor band yang Anda inginkan dengan lebih mudah, cepat, dan murah.

Memanfaatkan Materi Latihan IELTS Resmi:

Memanfaatkan alat bantu belajar IELTS resmi menawarkan banyak keuntungan. Sumber daya ini dibuat untuk membantu pemahaman Anda tentang struktur tes IELTS dan variasi pertanyaan yang mungkin diajukan.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan bahan kuliah IELTS resmi:

  1. Familiar dengan struktur tes: Menggunakan materi pelajaran IELTS resmi akan membantu Anda terbiasa dengan tata letak, waktu, tingkat kesulitan, format, dan kriteria evaluasi ujian IELTS.
  2. Wawasan tentang tugas tes: Materi pelajaran IELTS resmi mencakup contoh pertanyaan yang memberikan wawasan tentang tata letak tes dan apa yang harus diantisipasi di bagian Mendengarkan, Membaca, Menulis, dan Berbicara.
  3. Berlatih dalam batasan waktu: Materi IELTS resmi memungkinkan latihan dalam kerangka waktu, mencerminkan pengaturan tes sebenarnya.
  4. Menilai dan membandingkan tanggapan Anda: Materi ini menawarkan jawaban model, memungkinkan Anda mengevaluasi tanggapan Anda dan membandingkannya dengan tanggapan yang benar.

Beberapa materi latihan IELTS resmi tertentu meliputi:

  • Pemeriksaan Kemajuan IELTS: Ini adalah tes latihan online yang memberikan umpan balik, termasuk skor keseluruhan sementara dan skor individu untuk setiap segmen: Mendengarkan, Membaca, Menulis, dan Berbicara.
  • Materi Latihan IELTS Resmi (buku dan DVD): Buku ini mencakup tes latihan untuk keempat keterampilan, yang berlaku untuk IELTS Akademik dan Pelatihan Umum. Ini termasuk DVD dengan audio tes Mendengarkan dan tiga contoh tanggapan tes Berbicara. Komentar penguji untuk sampel Menulis dan Berbicara membantu meningkatkan skor Anda.

Facebook dan Instagram Resmi IELTS: Halaman media sosial ini diperbarui secara berkala dengan kuis tes, petunjuk, dan tips untuk membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi tes.

Sehari Sebelum Ujian

Tip Persiapan Menit Terakhir

Sehari sebelum ujian IELTS Anda bisa jadi cukup menegangkan. Untuk membantu Anda mempersiapkan diri menghadapi ujian, berikut beberapa saran di menit-menit terakhir:

  1. Kelola Stres: Penting untuk tetap tenang dan tenang. Lakukan aktivitas seperti pernapasan dalam, meditasi, atau aktivitas fisik ringan untuk mengurangi stres.
  2. Pemanasan yang Efektif: Hindari melakukan tes tiruan apa pun. Sebaliknya, bacalah catatan Anda secara singkat dan lakukan beberapa latihan sederhana untuk menjaga pikiran Anda tetap aktif.
  3. Persiapkan Perlengkapan Anda: Pastikan Anda telah menyiapkan semua barang yang diperlukan untuk ujian, seperti kartu identitas, pensil, dan penghapus, terlebih dahulu.
  4. Istirahat dan Nutrisi yang Benar: Pastikan Anda tidur nyenyak dan makanan bergizi sebelum ujian untuk menjaga fokus dan kewaspadaan selama ujian.

Pentingnya relaksasi dan tidur malam yang nyenyak

Tidur yang cukup dan relaksasi sebelum ujian IELTS sangat penting untuk memaksimalkan kinerja Anda. Istirahat yang cukup di malam hari meningkatkan retensi memori, konsentrasi, dan keterampilan mengambil keputusan serta memainkan peran penting dalam mengurangi stres dan kecemasan. Faktor-faktor ini dapat mempengaruhi kinerja Anda secara signifikan dalam ujian. Oleh karena itu, sangat penting untuk memprioritaskan istirahat yang cukup sebelum hari penting itu tiba!
Dengan menerapkan tips dan saran persiapan IELTS , siswa Indonesia dapat membuka pintu terhadap peluang di seluruh dunia dengan menyempurnakan kemahiran bahasa dan memperoleh sertifikasi yang diakui secara universal, sehingga memupuk jalan menuju aspirasi akademik dan karir.
Buka cakrawala tanpa batas hari ini! Ambil lompatan dengan IELTS untuk masa depan yang lebih cerah, dan biarkan AECC, mitra studi luar negeri Anda yang berdedikasi, menerangi jalan Anda menuju kesuksesan pendidikan internasional.
Image

Let's get social.

Study Destinations

Copyright © 2024 PT AECC Global Indonesia. Useful Links | Glossary | Terms of Use | Privacy Policy
4
Speak to our CounsellorEvent Registration