Image

Silabus Ujian IELTS
Panduan Lengkap

Image

Silabus Ujian IELTS
Panduan Lengkap

Pola & Silabus Ujian IELTS

Mendekonstruksi IELTS menuntut pemahaman yang tajam tentang pola rumitnya. Silabus IELTS dibagi menjadi empat bagian: Mendengarkan, Membaca, Menulis, dan Berbicara, dengan durasi kumulatif 2 hours and 45 minutes

Bagian Keterangan Jumlah Pertanyaan Durasi
Silabus IELTS -Listening Bagian ini terdiri dari empat rekaman monolog dan dialog. 40 30 +10 minutes
Silabus IELTS -Reading Bagian ini berisi tiga bagian yang panjang, dan tugas diberikan untuk setiap bagian. Teks-teks di bawah bagian bacaan bersifat deskriptif, faktual, diskursif, dan analitis. Ini juga mencakup konten non-verbal seperti diagram dan grafik. Teks-teks ini diambil dari buku, jurnal dan surat kabar. 40 60 minutes
Silabus IELTS - Writing Bagian ini terdiri dari dua tugas. Tugas pertama adalah merangkum/menjelaskan tabel, grafik, atau diagram yang diberikan minimal 150 kata.
Tugas kedua adalah menulis esai minimal 250 kata.
2 60 minutes
Silabus IELTS - Speaking Sesi ini merupakan wawancara tatap muka yang mencakup pertanyaan singkat dan pembicaraan secara detail tentang topik tertentu. 3 11-14 minutes

IELTS Listening Section

Bagian Mendengarkan mengevaluasi pemahaman Anda tentang bahasa Inggris lisan dan identik untuk tes versi Academics and General Training.

Durasi: Kira-kira 30 minutes, ditambah 10 minutes tambahan untuk menuliskan tanggapan Anda ke lembar jawaban.

Jumlah Soal: 40

Jenis Tugas: Meliputi pilihan ganda, latihan mencocokkan, memberi label pada rencana/peta/diagram, dan melengkapi kalimat.

Struktur: Tes Mendengarkan terdiri dari empat bagian:

  1. Part 1: Dialog antara dua individu dalam lingkungan sosial yang sama.
  2. Part 2: Pidato satu orang dalam situasi sosial tertentu, seperti presentasi tentang fasilitas lokal atau petunjuk arah ke festival.
  3. Part 3: Diskusi yang melibatkan hingga empat orang dalam konteks pendidikan atau pelatihan, seperti percakapan antara tutor universitas dan mahasiswa tentang suatu tugas.
  4. Part 4: Kuliah tunggal tentang topik ilmiah, misalnya kuliah di universitas.

Rekaman audio yang hanya diputar satu kali, menampilkan berbagai aksen dan dialek. Peserta tes harus menjawab pertanyaan sambil mendengarkan rekaman tersebut. Pencatatan yang efektif dan kemampuan untuk mengikuti dan memahami percakapan atau monolog, terutama pada subjek yang asing, merupakan keterampilan yang penting untuk dikembangkan dalam tes ini.

IELTS Reading Section

Bagian Membaca dari tes ini mengevaluasi pemahaman Anda terhadap bahasa Inggris tertulis. Tes ini berbeda dengan tes IELTS Academic dan General Training.

Dalam Bacaan Akademik, Anda akan menemukan tiga teks panjang yang bervariasi dari deskriptif dan faktual hingga analitis dan argumentatif. Sumbernya berasal dari buku, jurnal, majalah, dan surat kabar, yang disesuaikan bagi mereka yang memasuki universitas atau bidang profesional.

Durasi: 60 menit.

Jumlah Soal : 40.

Tugas Meliputi: Pilihan ganda, mengidentifikasi informasi, memahami pandangan/klaim penulis, mencocokkan informasi, judul, dan fitur, mencocokkan akhir kalimat, melengkapi kalimat, ringkasan, catatan, tabel, diagram alur, label diagram, dan merespons jawaban singkat pertanyaan.

Bagian Membaca Pelatihan Umum terdiri dari pilihan buku, majalah, surat kabar, pemberitahuan, iklan, manual perusahaan, dan pedoman. Ini mewakili materi khas yang ditemukan dalam lingkungan berbahasa Inggris.

Durasi: 60 menit.

Jumlah Soal : 40.

Jenis Tugas: Mirip dengan Membaca Akademik, tetapi dengan fokus pada skenario kehidupan sehari-hari.

IELTS Writing Section

Bagian Menulis mengevaluasi kemahiran Anda dalam menulis esai dan menjelaskan data visual dalam bahasa Inggris.

Academic Writing:: Terdiri dari dua tugas.

Tugas 1: Melibatkan interpretasi grafik, tabel, bagan, atau diagram, dan menjelaskannya dengan kata-kata Anda sendiri. Tugas ini mengukur kemampuan Anda dalam mengidentifikasi informasi dan tren penting dari visual.

Tugas 2: Membutuhkan penulisan esai sebagai reaksi terhadap suatu perspektif, argumen, atau masalah. Tugas ini menilai kemampuan Anda dalam menyusun argumen yang koheren, relevan, dan terstruktur, didukung oleh bukti atau contoh.

Durasi: Total 60 menit (20 menit untuk Tugas 1, 40 menit untuk Tugas 2)

Jumlah Kata: Maksimum 150 kata untuk Tugas 1 dan 250 kata untuk Tugas 2

General Training Writing: Juga berisi dua tugas.

Tugas 1: Melibatkan penulisan surat untuk meminta informasi atau menjelaskan suatu situasi. Tugas ini mengevaluasi kemampuan Anda dalam komunikasi pribadi, mengekspresikan dan mendukung pendapat, membandingkan bukti, dan menyampaikan emosi.

Tugas 2: Mirip dengan tugas kedua dalam Penulisan Akademik, tugas ini mengharuskan penulisan esai berdasarkan sudut pandang, argumen, atau permasalahan tertentu.

Durasi: Total 60 menit (20 menit untuk Tugas 1, 40 menit untuk Tugas 2)

Jumlah Kata: Maksimum 150 kata untuk Tugas 1 dan 250 kata untuk Tugas 2.

IELTS Speaking Section

Bagian Speaking menilai kemampuan Anda berkomunikasi dengan jelas dalam bahasa Inggris.

Tes versi Academic and General Training memiliki struktur yang sama, dibagi menjadi tiga bagian:

Bagian 1: Pembukaan dan Wawancara (Durasi: 4-5 menit): Awalnya penguji memperkenalkan diri, dilanjutkan dengan perkenalan dan konfirmasi identitas. Bagian ini melibatkan pertanyaan tentang subjek yang familiar seperti rumah, keluarga, profesi, latar belakang pendidikan, dan minat pribadi Anda.

Bagian 2: Respons yang Diperpanjang (Durasi: 3-4 menit): Pada bagian ini, Anda akan diberikan kartu tugas yang menginstruksikan Anda untuk berbicara tentang topik tertentu. Anda memiliki waktu satu menit untuk persiapan dan membuat catatan, setelah itu Anda diharapkan berbicara selama 1-2 menit. Selanjutnya, penguji mungkin mengajukan satu atau dua pertanyaan tambahan tentang topik yang sama.

Bagian 3: Diskusi Mendalam (durasi: 4-5 menit): Di sini, penguji mengajukan pertanyaan tambahan terkait topik dari bagian 2. Bagian ini mengevaluasi keterampilan Anda dalam membenarkan pandangan Anda, menganalisis dan mendiskusikan topik, dan membuat hipotesis tentang berbagai mata pelajaran.

Mengingat pentingnya tes IELTS di seluruh dunia, persiapan menyeluruh sangat penting bagi peserta ujian. Hal ini melibatkan lebih dari sekedar belajar bahasa Inggris; ini mencakup pengenalan format tes dan pengembangan strategi pengambilan tes yang efektif. Memanfaatkan sumber daya yang tersedia, termasuk materi latihan, sesi pelatihan yang dipimpin oleh spesialis, dan alat pendukung, dapat meningkatkan kesiapan dan kepercayaan diri Anda secara signifikan untuk menghadapi ujian.

Mengingat pentingnya tes IELTS secara global, sangatlah penting bagi peserta tes untuk mempersiapkan diri dengan tekun untuk tes IELTS . Persiapannya tidak sebatas pemahaman bahasa Inggris saja tetapi juga penguasaan format tes dan mengasah strategi pengerjaan tes. Memanfaatkan sumber daya yang tersedia seperti materi latihan, sesi masterclass yang dipimpin oleh ahli, dan alat pendukung dapat sangat meningkatkan kesiapan dan kepercayaan diri seseorang pada hari ujian. 

Seperti halnya ujian apa pun, persiapan dan latihan yang matang adalah kunci untuk mencapai nilai yang diinginkan dan, pada akhirnya, mewujudkan aspirasi akademis, profesional, atau migrasi seseorang. Hubungi konselor akademis kami di AECC untuk mendapatkan wawasan eksklusif tentang tips persiapan tes IELTS.
Image

Let's get social.

Study Destinations

Copyright © 2024 PT AECC Global Indonesia. Useful Links | Glossary | Terms of Use | Privacy Policy
4
Speak to our CounsellorEvent Registration